Ini Capaian Imunisasi MR di Pekanbaru

Ini Capaian Imunisasi MR di Pekanbaru
Muhammad Amin

PEKANBARU - Capaian imunisasi Measles Rubella (MR) di Kota Pekanbaru hampir 60 persen. Kondisi ini terjadi karena sejumlah orangtua masih ragu dengan pemberian imunisasi MR.

Data Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, capaian imunisasi MR di Pekanbaru sudah mencapai 56,3 persen. Jumlah anak yang sudah memperoleh imunisasi MR di Pekanbaru capai 13.084 orang.

Capaian ini tercatat dari Agustus 2019 hingga September 2019. "Kami terus memberi pemahaman kepada masyarakat, agar anak-anak tidak terkena dampak rubella," ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Muhammad Amin.

Pihaknya terus memberi imunisasi MR bagi anak-anak. Satu sasaran pemberian imunisasi MR adalah peserta didik di sekolah.

Pemberian vaksin MR di sekolah didukung puskesmas di kawasan itu. Pihaknya terus memberi pengertian kepada orangtua agar memberi imunisasi lengkap.

Para orangtua bisa mendatangi 21 puskemas di Kota Pekanbaru. Mereka bisa memperoleh vaksin MR bagi anaknya secara gratis. Sebab persedian vaksin tersebut masih ada.

Vaksin MR adalah produksi Serum Institute Of India (SII). Program imunisasi MR awalnya berlangsung sejak Agustus 2018 lalu.

Proses pemberian imunisasi untuk mencegah campak dan rubella. Satu dampak terparah campak dan rubella adalah kematian. 

Sasaran program ini adalah anak yang rentan tertular campak. Mereka yakni anak usia 9 bulan sampai kurang dari 15 tahun.

Berita Lainnya

Index