Wawako Pekanbaru Pimpin Upacara Hari Pahlawan

Wawako Pekanbaru Pimpin Upacara Hari Pahlawan
Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi saat memimpin apel upacara hari pahlawan. (Foto Humas)
PEKANBARU - Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi S.Si memimpin upacara Hari Pahlawan 10 November 2019 yang dilaksanakan di Halaman Kantor Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru Jalan Sudirman, Senin, (11/11/2019).
 
Dalam pesannya, Ayat mengatakan peringatan Hari Pahlawan diharapkan akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers Bung Karno yang menyatakan bahwa, "Hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar," kata Ayat.
 
Selain itu, melalui peringatan Hari Pahlawan, wawako mengajak agar membangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi Pahlawan Masa Kini, sebagaimana tema Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 "Aku Pahlawan Masa Kini"
 
Kata Ayat lagi, hari Pahlawan kiranya bukan hanya bersifat seremonial semata, tetapi dapat diisi dengan berbagai aktivitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan.

Dengan menjadikan diri kita sebagai Pahlawan Masa Kini, maka permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini dapat teratasi. Untuk itu marilah kita terus menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbu subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat Indonesia.

"Sekali lagi jadilah Pahlawan masa Kini yang membanggakan negeri. Sangat penting nilai juang para pahlawan yang telah berjuang dengan harta bahkan nyawa. Ini harus dihayati oleh para pemuda generasi penerus," kata Wawako.
 

Dia kemudian menyampaikan harapan, agar generasi muda yang ada di Kota Pekanbaru ikut serta mengisi pembangunan dengan karya yang bisa mengharumkan bangsa Indonesia. "Seluruh masyarakat khususnya para anak muda mari kita berkreasi dan produktif untuk memberikan yang terbaik kepada Kota Pekanbaru," ucapnya.

Ayat dalam kesempatan itu menyebut bahwa dirinya nengaku butuh saran dan masukan dari para veteran. Apalagi para veteran adalah orang tua yang sudah berjuang demi Kota Pekanbaru. "Kami juga mohon maaf bila perhatian terhadap veteran belum optimal," imbuhnya.

Sementara itu, prosesi penyerahan sagu hati bagi veteran dilakukan secara simbolis oleh Wawako Pekanbaru. Ada 125 orang veteran di Kota Pekanbaru mendapat sagu hati dari Pemko Pekanbaru. Proses penyerahan sagu hati ini berlangsung dalam ramah tamah bersama para veteran yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Pekanbaru.

Salah satu veteran, Soebianto mengaku senang dengan perhatian dari Pemko Pekanbaru. Pria yang pernah menjadi ajudan Bupati Pasaman ini pun berterima kasih atas sagu hati yang diberikan. "Terima kasih sudah memperhatikan kami para orang tua yang sudah jadi veteran," ucap pria yang pensiun pada tahun 1990 silam.

Pria yang pernah bertugas di Kodim Pekanbaru mengaku perhatian bagi veteran terlihat setiap upacara hari nasional. "Apalagi pada peringatan Hari Pahlawan para veteran dijamu pada usai Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2019," imbuhnya. Ketua LVRI Kota Pekanbaru Samsul Ja’far mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pemko Pekanbaru."Kami sangat terkesan dengan kegiatan ini," katanya. (ADVERTORIAL)

Berita Lainnya

Index