Walikota Pekanbaru Pimpin HUT PGRI ke 74

Walikota Pekanbaru Pimpin HUT PGRI ke 74
Walikota Pekanbaru, Firdaus saat menyerahkan penghargaan ke guru saat HUT PGRI

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menggelar upacara HUT ke-74 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional di Halaman Mal Pelayanan Publik (MPP), Senin (25/11/2019) kemarin.

Walikota Pekanbaru, Firdaus bertindak menjadi Inspektur Upacara. Walikota saat upacara berlangsung membacakan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nadiem Makarim.

Walikota mengatakan, pesan Mendikbud Nadiem Makarim cukup pendek dan tegas. Para guru diperintahkan segera melakukan perubahan di dalam kelas masing-masing dalam melakukan pola mengajar.

"Sekali lagi, segera lakukan perubahan. Sekecil apapun perubahan itu dilakukan yakni untuk menggali potensi anak didik dalam menemukan bakatnya masing-masing," kata Walikota membacakan pesan dari Mendikbud. 

Perubahan yang dimaksud adalah komunikasi dua arah antara guru dan anak didik dengan inovasi-inovasi. Kemudian, guru juga jangan hanya mengerjakan pekerjaan rutin dan administratif saja.

"Tetapi, lakukanlah inovasi dan ajaklah anak keluar kelas. Karena belajar di dunia nyata akan mempercepat menggali potensi diri," jelasnya.

Kemudian, setiap anak tumbuh dengan pemikiran yang berbeda-beda. Bagi anak yang lambat pertumbuhannya mesti didorong. "Agar, mereka mampu menemukan potensi diri. Artinya, lakukanlah perubahan," sebutnya.

Lanjutnya, dengan berinovasi kualitas pendidikan akan lebih baik. Maka, perubahan perlu dilakukan untuk mengakselerasi pendidikan. Agar Indonesia mampu mempersiapkan generasi milenial menjadi generasi yang unggul pada lima tahun ke depan.

"Generasi yang unggul akan membawa negeri ini sejahtera bagi bangsa dan negara," jelasnya.

Sementara itu, Ketua PGRI Kota Pekanbaru, Defi Warman menjelaskan, ulang tahun guru selalu diperingati setiap tahun dengan menggelar berbagai kegiatan. Di antaranya, seminar, lomba senam, dan juga memberikan penghargaan kepada guru yang berprestasi dalam rangka memeriahkan hari guru dan PGRI.

"Kita berharap para guru betul-betul termotivasi untuk menjadikan guru yang andal dan provesional," harapnya.

Dia berharap Pemko Pekanbaru lebih baik dari kabupaten dan kota lain yang ada. Sebagai ucapan terimakasih dari para guru, PGRI nanti akan mempersiapkan semacam kado di momen spesial itu nanti.

Acara seminar juga dihadiri tokoh pendidikan Provinsi Riau Sumardi Taher, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal dan sejumlah guru. (ADVERTORIAL)

Berita Lainnya

Index