Jokowi tak Penuhi Undangan KPK, Hadiri Hari Anti Korupsi

Jokowi tak Penuhi Undangan KPK, Hadiri Hari Anti Korupsi

CELOTEH RIAU.COM ?? Presiden Joko Widodo tak memenuhi undangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menghadiri peringatan Hari Antikorupsi sedunia  (Hakordia), Senin (9/12/2019), yang digelar di Gedung KPK, Jakarta.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyatakan Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang dijadwalkan hadir dalam peringatan Hari Antikorupsi Sedunia tahun ini. Acara dimulai pukul 09.00 WIB sampai 12.00 WIB.

"Teragendakan Wapres besok (hari ini)," kata Febri kepada wartawan, Minggu (8/12) malam.

Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Fadjroel Rahman mengatakan Jokowi dijadwalkan menghadiri pentas Prestasi Tanpa Korupsi di SMKN 57, Jakarta. Acara akan dimulai sekitar pukul 09.00 WIB.

"Presiden akan berkunjung ke SMK Negeri 57," ujar Fadjroel kepada awak media.

Fadjroel menambahkan dalam rangka peringatan hari anti korupsi sedunia, Presiden Jokowi berkomitmen mendorong penegakan hukum antikorupsi dari pencegahan hingga pemberantasan korupsi di seluruh Indonesia.

Sebelumnya, Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan telah mengundang Jokowi untuk menghadiri peringatan Hari Antikorupsi Sedunia. Agus berharap kepala negara bisa hadir pada peringatan tahun ini.

Lihat juga:

Novel Sindir Polri yang Sudah Jokowi Beri Waktu 4 Kali

"Kami mengundang beliau. Kalau enggak salah kabarnya nanti akan kami terima dalam waktu dekat. Jadi kita tunggu beliau. Kehadiran beliau sangat kami harapkan," kata Agus, di Gedung KPK, Jumat (6/12).

Sementara Wakil Ketua KPK Saut Situmorang berharap Jokowi mengeluarkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) untuk membatalkan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK.

Saut menyebutkan peringatan Hari Antikorupsi Sedunia dapat menjadi momentum tepat bagi presiden untuk mengeluarkan Perppu itu.

"Saya masih berharap saat Hari Antikorupsi tanggal 9 Desember Presiden Jokowi yang rencana datang ke KPK, sudi apalah kiranya datang pada acara itu sekalian membawa Perppu KPK," beberapa waktu lalu.

Jokowi dalam dua tahun terakhir ini selalu menghadiri peringatan Hari Antikorupsi yang dihelat KPK. Mantan gubernur DKI Jakarta itu hadir saat peringatan Hari Antikorupsi Sedunia pada 2017 lalu.

Kemudian, Jokowi juga hadir pada puncak Hari Antikorupsi Sedunia pada 2018. Ketika itu, ia mengatakan pemberantasan korupsi harus ditingkatkan, baik penindakan maupun pencegahan.

"Pemberantasan korupsi harus ditingkatkan terus, baik berupa penindakan maupun pencegahan," kata Jokowi.

#nasional

Index

Berita Lainnya

Index