Pekanbaru Raih Penghargaan Kota Peduli HAM

Selasa, 10 Desember 2019 - 19:37:07 WIB Cetak

Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi saat menerima penghargaan di hari HAM.

BANDUNG -  Peringatan hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia diperingati pada 10 Desember 2019. Di Indonesia, peringatan tersebut berlangsung di Gedung Merdeka Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Selasa (10/12/2019).

Peringtan ini, dihadiri langsung oleh Menteri Kordinator Bidang Politik,Hukum dan HAM Mahfud MD, dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil. Selain itu, turut hadir juga sejumlah Gubernur, Wali Kota dan Bupati se Indonesia.

Pada tahun 2019, peringatan hari HAM sedunia masuk pada usia ke 71.Dalam kegiatan tersebut, dilaksanakan juga penyerahan penghargaan kepada Kepala Daerah  Kabupaten/Kota Peduli HAM serta Kepala UPT yang menerima penghargaan Pelayanan Publik Berbasis HAM di Kemenkumham.

Sejumlah 425 kabupaten/kota dari jumlah keseluruhan 514 telah berpartisipasi serta menyampaikan data capaian di bidang pemenuhan Hak Asasi Manusia.

Dari jumlah tersebut, 272 Kabupaten/Kota memenuhi kategori Peduli HAM, dan 96 Kabupaten/Kotabdikategorikan "cukup" Peduli HAM. 

Ada sejumlah perubahan dalam kriteria dan indikator dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM No.34 Tahun 2016 tentang Kriteria Daerah Kabupaten/Kota Peduli HAM. Salah satunya penggunaan aplikasi yang lebih terintegrasi dan penilaian eksternal Kementerian Hukum dan HAM.

Sesuai dengan tema Hari HAM Sedunia ke-71 yaitu “Pelayanan Publik yang Berkeadilan” maka diberikan Penghargaan kepada Pelayanan Publik Berbasis HAM dari 612 Unit Pelayanan Terpadu (UPT).

Kota Pekanbaru sendiri menerima penghargaan Peduli HAM. Penghargaan ini diterima langsung oleh Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi SSi.

"Alhamdulillah Kota kita termasuk pedulu HAM. Pemko Pekanbaru tetap memiliki komitmen tinggi untuk terus mengupayakan pemenuhan hak dasar bagi masyarakatnya," pungkasnya. 



Tulis Komentar +
Berita Terkait+