Jaksa Agung Minta Perkuat Kerjasama Pemko se Indonesia Dengan Kejaksaan

Jaksa Agung Minta Perkuat Kerjasama Pemko se Indonesia Dengan Kejaksaan
Kepala Kejagung RI, ST Burhanuddin foto bersama Kepala Daerah di Indonesia yang tergabung di APEKSI.

PEKANBARU - Sebagai Perwakilan Komisariat Wilayah (Komwil) I Apeksi yang meliputi Wilayah Aceh, Sumut, Sumbar, Riau dan Kepri, Wali Kota Pekanbaru Firdaus beserta rombongan yang dipimpin Ketua APEKSI Pusat, Airin Rachmi Diany bersilaturahmi dengan Jaksa Agung Republik Indonesia, ST Burhanuddin, pada Rabu (11/12/2019) di Jakarta. 

"Dalam arahannya Pak Burhanuddin selaku Jaksa Agung menyampaikan program dari Kejagung. Dalam periode pertamanya beliau sudah menetapkan visi misi Kejagung dengan motto Jaksa Moderen, Moderat dan Profesional," kata Firdaus.

Dikatakan Wako, kehadiran para Kepala daerah se-Indonesia ini, juga berkaitan dengan membangun sinergitas antara Kepala Daerah dan Kejagung terkait koordinasi dan sebagainya. "Untuk itu Pak Jaksa Agung tadi meminta agar yang sudah dilakukan oleh kepala daerah agar dapat ditingkatkan. Salah satunya yakni melaksanakan pembangunan proyek strategis nasional di daerah,” tegasnya.

Disebutkan Firdaus ada informasi penting dari Kejagung, seperti adanya kebijakan terkait pembubaran dari TP4 dan TP4D. Nantinya, setelah dibubarkan, maka antara Kejasaan Negeri di Kota akan melakukan Memorandum Of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Kota di Indonesia. 

“Itu salah satu yang dibahas dalam pertemuan dengan Pak Kejagung. Tak hanya itu saja, beliau juga meminta jika ada oknum di daerah yang masih gunakan pola lama, agar segera dilaporkan. Kalau pun ada berita miring, itu hanya dilakukan oleh oknum. Beliau sudah mencopot Kejari dan Kejati terkait dengan penyalahgunaan wewenang," jelasnya.

Masih dikatakan Wako, dalam pertemuan ini pihaknya menyampaikan jika Pemko Pekanbaru telah kerjasama dengan Kejaksaan Negeri terkait adanya aparatur dari Kejaksaan yang ditarik ke Pemko Pekanbaru.

“Salah satunya yakni adanya aparatur dari Kejaksaan yang dijadikan Kabag Hukum lalu menjadi Kepala Inspektur.  Nah, kerjasama seperti inilah yang akan kami lakukan,” singkatnya.

Terakhir kata Mantan Calon Gubernur Riau ini, Jaksa agung juga meminta Kepala daerah untuk tidak ragu-ragu lagi menjalankan proyek strategis. "Jangan ada pula nanti lelang ATK pun harus pakai pendamping, itu pesan beliau," pungkasnya.

Berita Lainnya

Index