12 Kamera CCTV Siap Tegur Pengendara Lalu Lintas yang Membandel di Pekanbaru

12 Kamera CCTV Siap Tegur Pengendara Lalu Lintas yang Membandel di Pekanbaru
Kepala Dishub Pekanbaru, Yuliarso.

PEKANBARU - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru terus melakukan inovasi-inovasi baru untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan bagi pengguna lalu lintas. Yang terbaru, Dishub Pekanbaru memonitor tingkah pengendara saat berada di Jalan Raya. Hal ini tentunya sejalan dengan visi Walikota Pekanbaru dalam rangka mewujudkan Pekanbaru Smart City Madani.

Kepala Dishub Kota Pekanbaru, Yuliarso mengatakan bahwa saat ini pihaknya telah meletakkan 12 titik CCTV berikut dengan pengeras suara di beberapa persimpangan di jalan dalam kota. Namun, dari 12 titik tersebut yang berfungsi aktif hanya ada empat titik untuk sementara.

"Jadi salah satu pilar untuk mendukung smart city madani adalah dengan menerapkan intelegent transportation system sebagaimana era kekinian yaitu industri 4.0. Nah, keempat titik itu berada di Simpang Gajah Mada - Diponegoro, Gajah Mada - Sudirman, Sudirman - Tambusai, dan Sudirman - Harapan Raya atau Imam Munandar. Empat simpang ini sudah full responsif,” katanya.

Kata Yuliarso, Keempat simpang tersebut saat ini sudah bisa langsung memberikan teguran dengan pengeras suara (anauncer). Selain memberikan teguran terhadap pengendaran yang melanggar lalu lintas dan marka jalan, Pemerintah Kota Pekanbaru juga bisa memanfaatkannya untuk memberikan pengumuman kepada masyarakat.

Untuk kedepannya, pihaknya akan segera memfungsukan 8 titik kamera pengawas berikut pengeras suara di beberapa titik lainnya. 

“Karena saat ini jaringan dari Pemko Pekanbaru dalam proses pemindahan server, maka kita masih menunggu itu,” terangnya.

Adapun 8 titik kamera pengawas yang masih dalam proses perbaikan jaringan diantaranya, persimpangan Soekarno Hatta-Arifin Ahmad, Simpang Batrai Q Arhanudse-Kubang, Simpang KH Nasution - Pasir Putih/Pandau, Simpang pasar pagi Arengka, Simpang Riau - Pandjaitan, Parit Indah - Labersa, Jalan Durian - Soekarno Hatta, Imam Minandar - Kelapa Sawit.

“Saat ini Dishub sudah menerapkan sistem ITS (Inteligent Transport Sistem) artinya sudah berada diatas ATCS, (area trafic control sistem),” pungkasnya.

Berita Lainnya

Index