Merindukan Pemimpin Ideal

Kamis, 13 Februari 2020 - 15:59:37 WIB Cetak

Afrizal Sintong

CELOTEH RIAU.COM--Pemimpin itu punya kejujuran, keteguhan, kompeten, visi misi yang bernas ke depan, inspirasional, cerdas, adil, wawasan yang luas. Kemudian, berani, konsisten, dan imajinatif. 

Kita merindukan sosok pemimpin yang seperti itu. Sehingga, pemimpin itu dapat diharapkan masyarakat untuk sebuah perubahan. Tentu, kejujuran sangat dibutuhkan dari pemimpin agar dikagumi masyarakat.

Sejumlah karakter di atas sangat  dibutuhkan masyarakat dan dikagumi. Jujur: Ciri pemimpin hakiki dan mudah ingat. Sebab, kejujuran sangat mahal yang mendasari setiap tindakan dari kebijakannya. Sehingga, berpegang pada keteguhan dan kebenaran.

Kompeten: Pemimpin wajib memiliki kecakapan pribadi dalam gaya kepemimpinannya dan dapat menyesuaikan antara tantangan dan kebijakan. Dibutuhkan ketrampilan dalam menentukan arah kebijakan hingga memahami kondisi dan persoalan wong cilik. 

Dengan begitu, pemimpin pastinya jauh hari sebelum menduduki tahta memiliki visi dan misi yang jauh ke depan. Karena, pemimpin ideal mampu melihat apa yang tidak terlihat untuk sebuah perubahan sehingga mampu mengantisipasi kemana perubahan bergerak.

Inspirasional: Pemimpin yang baik pandai mewujudkan mimpi dan memotivasi untuk mendorong rakyatnya berani bermimpi lebih tinggi, berusaha dan bertindak lebih keras. Dengan begitu, pemimpin yang cerdas pasti membawa rakyat yang cerdas.

Namun, harus pula tahu batas-batas yang menjadi pengetahuannya dan kemampuannya, serta kapan harus memberikan kesempatan kepada orang lain untuk tampil memberikan gagasan atau masukan alternatif dan terobosan yang lebih baik.

Adil: Pemimpin yang memiliki kejujuran yang tinggi umumnya juga memiliki karakter yang adil. Adil berarti tidak memihak, bertindak fair, tidak pilih kasih, dan menempatkan segala sesuatu pada proporsi semestinya dan mengormati peraturan yang ada.

Dengan begitu, pemimpin seperti ini pasti memiliki wawasan luas. Karena, pengetahuan yang cukup, dan wawasan yang luas dapat mengambil keputusan berani dan tepat.

Berani: Keberanian bertindak dan bersikap karena dilandasi dengan prinsip yang benar semata-mata karena tanggungjawab kepada orang-orang yang dipimpinnya dan kepada Tuhan.

Konsisten: Pemimpin perlu tegas dalam bersikap, persistent (keteguhan) dalam mempertahankan prinsip, dan konsisten antara perbuatan dan perkataan. Konsisten dalam menjalankan kebijakan yang telah diputuskan.

Imajinatif: Melengkapi beberapa karakter pemimpin ideal adalah imajinasi. Imajinasi dibutuhkan untuk tetap membuat organisasi yang dipimpinnya survive dalam menghadapi tantangan dalam perubahan lingkungan. Imajinasi adalah kunci untuk melakukan adaptasi, dan inovasi.

Sehingga, karakter pemimpin tersebut merupakan kualitas kepribadian  dengan kejujurannya, kompetensinya, kecerdasannya, imajinasi, dan wawasannya yang luas. Pemimpin mampu mengambil keputusan yang adil, berani, dan memiliki visi jangka panjang. 

Mereka juga harus mampu memberikan semangat, tindakan nyata, dan keyakinan dan konsistensi dalam mempertahankan keteguhan hatinya bagi orang-orang yang dipimpinnya untuk berani bermimpi lebih tinggi, belajar lebih keras, dan berbuat lebih banyak untuk mengejar tujuan bersama.



Baca Juga Topik #politik+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+