Kata Ayat, Ini Kegunaan Kartu Smart Madani

Kata Ayat, Ini Kegunaan Kartu Smart Madani
Ayat Cahyadi

CELOTEHRIAU - Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, menyambut positif gerakan non tunai. Pemerintah kota (Pemko) ikut dalam sosialisasi Gerakan non Tunai bersama Bank Indonesia pada tahun 2019 silam. Dukungan ini diperlihatkan pemerintah kota dengan meluncurkan Kartu Smart Madani. 

"Kartu ini multi fungsi, bisa jadi e money. Bisa juga untuk transaksi seperti bayar tol dan parkir," katanya.

Kata Ayat, kartu Smart Madani bisa untuk transaksi selama ada saldo di dalamnya. Ia menyebut Pemko pun menggandeng perbankan dalam penerbitan Kartu Smart Madani.

"Kartu ini juga berfungsi sebagai media absen pegawai dan penerimaan tunjangan kinerja pegawai. Kalau untuk transaksi, pastikan dulu ada saldonya," ujarnya.

Ayat mengungkapkan, penerapan transaksi keuangan non tunai juga baik dalam upaya transparansi. Transaksi non tunai bisa menghindari manipulasi dan praktik korupsi di sektor layanan serta perizinan di pemerintahan. 

Ayat pun mendukung penerapan pembayaran retribusi layanan dan perizinan secara non tunai. Apalagi banyak pihak perbankan yang siap mendukung rencana ini.

"Pembayarannya juga bisa lewat mobile banking. Transaksi ini juga lebih efisien seperti pembayaran dengan e money," imbuhnya.

Ia menyebut, pembayaran dengan non tunai bisa mengantisipasi ulah oknum. Transaksi pun tercatat dengan baik.

Pemko dalam waktu dekat juga berencana menerapkan pembayaran parkir secara elektronik. Upaya ini mencegah adanya pungutan liar parkir.

Berita Lainnya

Index