Antisipasi Virus Corona, Ini yang Dilakukan Dishub Pekanbaru

Antisipasi Virus Corona, Ini yang Dilakukan Dishub Pekanbaru
Kepala Dishub Pekanbaru, Yuliarso saat meninjau tempat keramaian di Pekanbaru.

PEKANBARU - Mengantisipasi penyebaran virus Corona ditempat-tempat publik di Kota Pekanbaru, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru melakukan sosialisasi sekaligus peninjauan. Mulai dari pelabuhan, terminal bus dan bandara. 

Pintu kedatangan di UPT Pelabuhan Sungai Duku Kota Pekanbaru jadi sorotan sejak merebaknya wabah virus Corona belakangan ini.

Untuk itu, saat ini pihaknya telah berkordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Pekanbaru untuk membantu pemeriksaan suhu tubuh penumpang yang datang di pelabuhan tersebut.

Proses pemeriksaan dilakukan pada Senin (16/3/2020). Pantauan di pelabuhan, penggunaan alat pengukur suhu tubuh manual dilakukan oleh petugas KKP didampingi KSOP dan petugas UPT pelabuhan.

Hal ini sebagai langkah deteksi dini dan antisipasi covid-19. "Ini satu upaya pencegahan antisipasi penyebaran virus corona," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, Yuliarso.

Upaya meningkatkan kewaspadaan terhadap antisipasi Covid-19 setelah ada instruksi dari Walikota Pekanbaru. Mereka menyiagakan di dermaga kedatangan pelabuhan.

Pengelola juga melakukan sosialisasi imbauan dari Walikota Pekanbaru terkait upaya pencegahan covid-19. Mereka juga menaruh imbauan itu dalam banner agar bisa dibaca oleh para penumpang kapal. 

Petugas memasangnya di titik keramaian pelabuhan. "Kami mengimbau agar masyarakat bisa ikut mengantisipasi," harapnya.

Ia meminta kepada petugas agar langsung melakukan sosialisasi kepada para penumpang. Mereka mendatangi fasiltas pelabuhan yang jadi titik pengunjung dan penumpang pelabuhan.

"Kami menyampaikan langsung kepada penumpang saat hendak kontrol di sekitar pelabuhan," pungkasnya. 

Berita Lainnya

Index