Pemko Pekanbaru Terus Lakukan Upaya Pencegahan Virus Corona

Pemko Pekanbaru Terus Lakukan Upaya Pencegahan Virus Corona
Ilustrasi

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Kesehatan (Diskes), terus mengimbau sekaligus mengingatkan warga agar tidak panik dengan penyebaran wabah coronavirus atau Covid-19.

"Warga tidak perlu panik, tapi harus tetap waspada," ujar Pelaksana tugas (Plt) Kepala Diskes Pekanbaru Muhammad Amin melalui Sekretaris Dinas dr Zaini Rizaldy.

Dikatakan Zaini, saat ini pemerintah kota terus berupaya melakukan berbagai langkah pencegahan salah satunya dengan menyemprotkan cairan disinfektan di pusat-pusat pelayanan dan rumah ibadah.

"Tapi disinfektan ini bukan solusi utama, karena anti virusnya hanya bertahan beberapa saat saja. Kalau ada yang membawa (virus), maka bisa saja menularkan lagi," ucapnya.

Untuk itu, sebut Zaini, guna meminimalisir penyebaran virus corona diperlukan kerjasama warga dengan cara melakukan berbagai langkah pencegahan yang dianjurkan seperti menggunakan masker, menerapkan pola hidup bersih dan sehat, mengkonsumsi makan bergizi dan sayur-sayuran, menjaga daya tahan tubuh, serta mengurangi aktivitas di luar ruangan.

"Ketika tidak ada keperluan penting, tidak usah beraktivitas di luar rumah," singkatnya.

Disamping itu, lanjut Zaini, pihaknya bekerjasama dengan pemerintah provinsi juga melakukan pengawasan terhadap warga yang baru pulang dari luar negeri.

"Warga yang pulang dari luar negeri ini diawasi sampai 14 hari, karena 14 hari ini merupakan masa pengembangan virus. Kalau 14 hari tidak ada gejala, berarti warga bersangkutan aman," tutupnya.

Berita Lainnya

Index