Pencegahan Covid-19,  Dukung Pemko Gunakan BTT, Ini Pesan Ketua DPRD Kota 

Senin, 30 Maret 2020 - 10:53:10 WIB Cetak

Ketua DPRD Kota Hamdani

CELOTEH RIAU.COM--Pemko Pekanbaru mengalokasikan Rp5 miliar dana Bantuan Tak Terduga (BTT) untuk percepatan penanganan wabah COVID-19 melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru. 

"Silahkan Pemko atur secara teknis, kita dalam posisi mengarahkan dan memberikan masukan, serta mengawasi penggunaannya, sesuai dengan tupoksi kami," kata ketua DPRD Kota Pekanbaru Hamdani, Ahad (29/3/2020).

Kata Hamdani, anggaran itu diketahui  ketika rapat Pemko kemarin dengan pimpinan DPRD. Dimana disampaikan dana kedaruratan  ada di pos BPBD. 

"Dari manapun itu, yang penting masyarakat yang memang membutuhkan bisa di cover dengan bantuan logistik tersebut," jelasnya.

Untuk detail data dari anggaran itu, politisi PKS ini pun menyebutkan belum mendapatkannya. Namun pesannya agar dapat digunakan dengan baik dan benar. "Kita belum mendapatkan datanya, karena memang di Pemko masih sedang proses," ungkap Hamdani.

Disampaikan Hamdani lagi, saat ini banyak pihak yang mengomentari masalah Alat Pelindung Diri (APD) susah didapat dan mahal. "Maka anggaran itu diharapkan dapat juga untuk pengadaan APD, kegiatan tanggap darurat dan yang berhubungan dengan penanggulangan Covid19," sebutnya.

Tidak hanya itu, kepada Walikota Pekanbaru, Hamdani juga mengusulkan agar juga dimasukkan anggaran penguatan logistik bagi masyarakat tidak mampu, apabila terjadi lockdown. 

"Karena dengan APBD yang ada belum memungkinkan mencover seluruh warga Pekanbaru, maka harus gandeng perusahaan dan swasta," ungkapnya.

Makanya dengan data valid yang dimiliki Pemko harus bisa membantu warga yang prioritas dibantu. "Terbanyak tentu warga miskin dan yang terkena imbas kebijakan tidak bisa bekerja," katanya lagi.

Saat ini social distancing sudah hampir dua pekan diberlakukan, meski dalam pelaksanaan masih banyak warga yang kelayapan nggak jelas diluar rumah. Padahal ini semua Demi keselamatan diri sendiri, keluarga, dan juga orang lain dari covid-19.

"Karna sudah banyak warga yang mengeluhkan terdampak kebijakan sekarang yang harus di bantu pemerintah, kita DPRD akan support kebijakan pemerintah untuk penangan cepat covid ini," ujarnya.

Oleh karena itu, Ketua DPRD Kota Pekanbaru ini,  mengimbau dengan tegas kepada masyarakat agar sangat menjaga jarak sosial dalam berinteraksi. Menjaga pola hidup sehat. Sering sering mencuci tangan. Menghindari kerumunan massa.

"Untuk sanksi sepertinya sudah jelas, tinggal dari aparat lagi ini,  kalau tidak salah sudah ada sanksi tegasnya. Dan ada juga edaran dari Kapolri," tuturnya



Baca Juga Topik #riau+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+