Tenaga Medis Positif Covid-19, Gubri : Setiap Pasien Baiknya Jujur

Tenaga Medis Positif Covid-19, Gubri : Setiap Pasien Baiknya Jujur
Gubri Syamsuar (celotehriau.com)

CELOTEH RIAU.COM(PEKANBARU)--Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar menyesalkan adanya seorang tenaga medis yang positif Covid-19. AS diduga terjangkit, karena masyarakat tidak jujur saat memeriksakan diri.

''Ini yang kita sesalkan, ada tenaga medis positif Covid-19,'' kata Gubri, saat melakukan konferensi pers, penambahan kasus Covid-19 yang positif di Provinsi Riau, Senin (13/4/2020) sore ini.

Sesuai hasil tracking tim media. AS dikatakan memiliki riwayat perjalanan dari Semarang pada tanggal 15 
Maret 2020 lalu.

Sementara itu, AS ini merupakan tenaga medis di Pelalawan ini juga kontak erat dari pasien positif covid-19, yakni RBT (50) dan JG (58) yang didapat dari hasil 
tracing.

''Informasi yang kami dapat, saat memeriksakan diri RBT dan JG tidak jujur. Bahwa ia pernah berjalan ke daerah terjangkit,'' ungkap Gubri.

Karena RBT dan JG tidak jujur, informasinya saat itu, AS hanya mengenakan pakaian bisa. 

''Karena keduanya tidak mengaku, maka AS tidak menggunakan Alat pelindung diri (ADP) sesuai protokol kesehatan yang ditentukan,'' ujar Gubri.

Belajar dari peristiwa ini, Syamsuar meminta semua warga yang ingin memeriksakan diri agar jujur kepada petugas. Sehingga, dapat diterapkan protokol kesehatan.

''Kedepannya, kami menghimbau. Sikap disiplin masyarakat agar pencegahan dan penanganan Covid-19 di Riau, dapat maksimal,'' harap Gubri.

Berita Lainnya

Index