RW Siaga Dalam Proses Pembentukan di Kelurahan

RW Siaga Dalam Proses Pembentukan di Kelurahan
Anies Murzil ST

CELOTEH RIAU.COM--Program RW Siaga yang dibentuk oleh Pemerintah Kota Pekanbaru untuk menangani dan mencegah penyebaran Covid-19 belum sepenuhnya berjalan. Hingga saat ini, rencana pembentukan RW Siaga itu masih proses pembentukan oleh kelurahan setelah menerima Surat Edaran Wali Kota Pekanbaru, Firdaus.

Koordinator Program Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Rukun Warga (PMBRW), Anis Murzil ST.menuturkan  program RW Siaga masih dalam pembentukan oleh pihak kelurahan. Setelah itu, akan di SK-kan lurah dan diketahui oleh Camat  masing-masing.

"Setelah di keluarkan SK, baru RW Siaga akan menjalankan kegiatan sesuai dengan penanggulangan Covid-19 dari Dinas Kesehatan," ujar Anis melalui selularnya, Ahad (19/4/2020).

Program RW Siaga ini adalah untuk memaksimalkan pemberlakuan PSBB sekaligus mencegah penyebaran Covid-19 dengan Siskamling di masing-masing wilayah. Siskamling ini akan berfungsi untuk menjaga lingkungannya serta ketertiban masyarakat saat PSBB diberlakukan.

Selain itu kata Anis, Siskamling ini juga bertugas untuk mendata warga yang baru datang ke wilayahnya. Melakukan cek kesehatan, kemudian mendata identitasnya.

Kemudian RW Siaga ini juga menggerakkan kader Posyandu. Di mana melalui kader Posyandu ini diharapkan dapat membantu mengedukasi masyarakat melalui online kepada kadernya.

"Kita juga fungsikan kader Posyandu untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang protokol kesehatan. Apakah itu melalui online whats app, atau melalui grupnya," katanya.

"Kemudian kader Posyandu juga kita gerakkan untuk mengawasi dan menjaga masyarakat yang berstatus Orang Dalam Pantauan (ODP) maupun Pasien Dalam Pengawasan (PDP) agar benar-benar melakukan karantina atau isolasi mandiri," lanjutnya.

Anis menerangkan, khusus penerapan isolasi mandiri pihaknya menyerahkan kepada Dinas Kesehatan. Setelah itu, RW menerima rekomendasi dari Dinas Kesehatan, apakah harus Isolasi di rumah sehat atau isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Ditambahkannya, bahwa sebagian wilayah di Pekanbaru sudah memberlakukan RW Siaga. "Bagi yang sudah terbentuk, mereka telah melakukannya. Karena untuk pemberlakuannya tidak harus serentak se-Kota Pekanbaru," pungkasnya

#riau

Index

Berita Lainnya

Index