Drastis, Sehari 20 Pasien PDP di Riau

Drastis, Sehari 20 Pasien PDP di Riau

PEKANBARU--Juru Bicara tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yovi menilai ada peningkatan drastis pada data Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Provinsi Riau.

Menurut Yovi, hal ini dikarenakan masih banyaknya klaster-klaster pasien yang terinfeksi covid-19, dan mulai terdata di seluruh Riau.

''Saat ini kasus PDP meningkat, perhari ada 20 orang dirawat. Sedangkan total PDP di Riau sebanyak 240 orang,'' kata Yovi.

Peningkatan angka ini, sebut Yovi merupakan sinyal bagi kita semua untuk lebih waspada.

''Cara mencegah penyebaran covid-19, dengan tetap mencuci tangan, memakai masker,'' ujar Yovi. 

Lanjut Yovi, dari 240 PDP, 51 orang meninggal dunia, dan masih ada 28 kasus PDP menunggu hasil swap.

Terkait kasus ini, ia mengibaratkan gunung dan situasi ini baru diperutnya. Sehingga, jika ingin mencegahnya, PSBB nya harus ketat di seluruh Provinsi. 

''Mungkin saja puncaknya di bulan Juni akhir, makin lama pencegahanbya maka puncaknya makin jauh. Dan pasien yang dirawat banyak peningkatan,'' jelasnya lagi.

 

Empat Tenaga Medis Positif Covid-19


Juru Bicara (Jubir) Penanganan Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yovi mengatakan, sampai saat ini ada empat tenaga medis terjangkit Covid-19 di Provinsi Riau.

''Benar, untuk di Riau ada empat tenaga medis yang positif Covid-19,'' ungkap Yovi.

Seluruhnya, tiga orang berasal dari Kota Dumai. Sedangkan, satu lainnya merupakan warga Pelalawan.

Kemudian, untuk kondisi terkini keempat tenaga medis itu, mereka dalam kondisi baik.

Ditambahkan Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Riau, Mimi Yuliani Nazir, dari total 240 PDP itu saat ini total PDP di Riau 467 orang.

Rinciannya, sebanyak 176 orang yang PDP dinyatakan sehat dan 51 PDP meninggal dunia. 

Menurut Mimi, jika dipersentasekan ada 37,7 persen yang sehat. Artinya angka PDP yang sehat lebih tinggi daripada angka kematian PDP. 

''Untuk diketahui, kasus PDP tersebut tersebar di 36 dari 47 rumah sakit rujukan Covid-19 sesuai Surat Keputusan Gubernur Riau,'' pungkasnya.

#riau

Index

Berita Lainnya

Index