Kelanjutan Liga 1 dan Liga 2, PSSI Menunggu Akhir Mei

Kelanjutan Liga 1 dan Liga 2, PSSI Menunggu Akhir Mei
Ketum PSSI Mochammad Iriawan

CELOTEHRIAU.COM--Ketua Umum PSSI M Iriawan memastikan akan menunggu hingga akhir Mei untuk mengambil keputusan terkait kelanjutkan kompetisi, baik Liga 1 maupun Liga 2.

“Menurut saya pilihan menunggu status darurat bencana ini sampai akhir Mei adalah pilihan yang paling realistis saat ini,” katanya.

Pernyataan ini menanggapi usulan sejumlah pihak agar PSSI dan PT Liga Indonesia baru (LIB) melanjutkan kompetisi dengan syarat tanpa dihadiri penonton pada Juli nanti, salah satunya Persib Bandung. Beberapa pertimbangan itu bermaksud agar ada aktivitas klub serta pertanggungjawaban kepada sponsor.

Diketahui, opsi melanjutkan kompetisi tanpa penonton menjadi pertimbangan di beberapa negara di Eropa, seperti Inggris, Italia, Spanyol, dan Prancis. Sementara di kawasan Asia, Korea Selatan dikabarkan akan jadi negara pertama yang akan melakukannya.

Namun, Iriawan menyebut, soal kemungkinan diterapkan di Indonesia hal itu sangat sulit. Ia memandang fanatisme suporter dalam mendukung tim kebanggaannya terlampau tinggi. Mereka akan nekat datang meski berada di luar stadion.

 

“Saya pikir Indonesia belum akan mencontoh negara-negara lain yang melakukan itu tertutup. Contoh pertandingan yang diputuskan digelar tanpa penonton dan sudah disosialisasikan jauh-jauh hari saja, masih didatangi oleh ribuan fans,” ucapnya.

“Mereka rela mendukung tim kesayangannya dengan hanya bernyanyi di luar stadion tanpa bisa melihat pertandingan itu sendiri,” sambungnya.

Selain itu, sejumlah daerah juga telah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Jika tetap dilanjutkan meski tanpa penonton, ia khawatir hal itu jadi bumerang.

“Ada kekhawatiran kalau PSSI tetap memutar liga dengan tanpa penonton, para fan tetap akan datang berkerumun, dan itu menyalahi sosial distancing yang sedang dijalankan pemerintah,” tandasnya.

 

Berita Lainnya

Index