Imbas Pandemi Covid-19, FIFA Usulkan Pergantian Lima Pemain

Selasa, 28 April 2020 - 06:46:43 WIB Cetak

celotehriau.com

CELOTEH RIAU.COM--Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) telah mengajukan permohonan resmi agar setiap kesebelasan bisa bermain dengan aturan lima kali pergantian pemain.

Proposal tersebut diajukan kepada Badan Asosiasi Sepak bola Internasional (IFAB) yang mengatur peraturan dalam pertandingan sepak bola.

FIFA menyatakan perubahan aturan tersebut dilakukan dalam laga yang bakal berlangsung dalam waktu dekat guna menuntaskan musim yang terkendala pandemi virus corona hingga akhir tahun depan.

Dengan waktu yang mepet, klub-klub kemungkinan bakal menjalani jadwal yang padat dengan waktu istirahat pendek yang bakal berpengaruh pada kondisi pemain.

?Situasi pergantian pemain dalam sebuah pertandingan sepak bola. (AP Photo/Martin Meissner)

"Salah satu kekhawatiran dalam hal ini adalah frekuensi pertandingan yang lebih tinggi dibandingkan kondisi normal dapat meningkatkan risiko cedera karena pemain dituntut bekerja lebih," tulis pernyataan FIFA dikutip dari Football Italia.

"Setiap tim saat ini diberi kemungkinan menggunakan hingga lima pergantian pemain selama pertandingan dengan kemungkinan pergantian tambahan tersisa selama waktu tambahan, jika memungkinkan," sambung pernyataan tersebut.

Dalam aturan lima pergantian pemain tersebut, setiap klub hanya boleh mengganti tiga pemain pada setiap babak.

FIFA tidak memaksakan liga sepak bola berlanjut di tiap-tiap negara dan menginstruksikan pengelola liga mematuhi otoritas kesehatan dan pemerintah setempat mengenai izin penyelenggaraan sebuah kompetisi.

Mayoritas liga-liga sepak bola di dunia terhenti sejak pertengahan Maret karena wabah COVID-19. Liga Belanda baru-baru ini memastikan tidak akan melanjutkan musim kompetisi 2019/2020. Sementara beberapa kompetisi lain, di berbagai benua, sudah mulai memperkirakan tanggal kick-off untuk melanjutkan musim yang terputus.

Guna melanjutkan kompetisi beberapa pengelola liga seperti Premier League dan Lega Calcio sebelumnya juga mempersiapkan alternatif modifikasi aturan, seperti penambahan pergantian pemain.

Saat ini peraturan pergantian pemain memperbolehkan setiap kesebelasan yang sedang bertanding melakukan tiga pergantian pemain. Satu jatah lagi diberikan jika pertandingan berlangsung hingga babak tambahan.



Tulis Komentar +
Berita Terkait+