Harga Tiket Pesawat Mahal, Plt Gubernur Aceh Surati Jokowi

Harga Tiket Pesawat Mahal, Plt Gubernur Aceh Surati Jokowi
Ilustrasi

ACEH (CELOTEHRIAU.COM) - Mahalnya agar tiket pesawat di Kota Aceh membuat Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, langsung menyurati Presiden Joko Widodo. Parahnya, masyarakat Aceh yang hendak pergi ke Jakarta harus merogok kocek hingga jutaan rupiah.

Mahalnya harga tiket penerbangan ini membuat masyarakat di Kota Aceh harus berbondong-bondong mengurus paspor untuk berangkat ke Jakarta via Kuala Lumpur karena biaya yang relatif murah.

"Saya sesalkan maskapai lalai memprediksi ekses ekonomi yang lebih luas seperti fenomena Banda Aceh ke Jakarta via KL (Kuala Lumpur). Itu sangat merugikan negara," kata Nova seperti dikutip Kompas.com, Ahad (13/1/2019).

"Sudah saatnya maskapai penerbangan melakukan uji publik atau sosialisasi yang terukur dan masif sebelum menaikkan tarif, terutama maskapai milik negara," imbuhnya.

Dia menyebutkan, Pemerintah Provinsi Aceh akan menawarkan skema penentuan tarif yang lebih rasional pada Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Namun Plt Gubernur Nova tidak menjelaskan detail tarif rasional yang dimaksud. 

"Kami akan berkirim surat mempertanyakan kebijakan tarif tinggi ini kepada Menhub RI dan tembusan kepada Pak Presiden," tegasnya. 

Berita Lainnya

Index