Ekonomi Lesu, Harga Batubara Acuan Jatuh ke US$61, 11 Per Ton

Ekonomi Lesu, Harga Batubara Acuan Jatuh ke US$61, 11 Per Ton

CELOTEH RIAU.COM--KemeESDM nterian menetapkan Harga  batubara  Acuan (HBA) Mei 2020 sebesar US$61,11 per ton atau merosot 7,1 persen dibandingkan April 2020, US$65,77 per ton.

Sebelumnya, HBA digunakan untuk penjualan langsung (spot) selama satu bulan pada titik serah penjualan secara free on board di atas kapal pengangkut (FOB Vessel).

"Ekonomi global yang melambat menyebabkan HBA bulan Mei kembali turun dari bulan sebelumnya.," ujar Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (7/4).

Selain itu, penurunan HBA bulan ini juga dipicu penurunan harga minyak dunia hingga di bawah US$20 per barel. Sebagai catatan, harga minyak tengah tertekan karena pasokan berlimpah di saat permintaan menurun di tengah wabah corona. Bahkan, harga minyak mentah acuan AS West Texas Intermediate (WTI) sempat berada di teritori negatif.

Hal ini mempengaruhi penurunan empat indeks harga batubara yang umum digunakan dalam perdagangan batubara dunia, yaitu Indonesia Coal Index (ICI), Newcastle Export Index (NEX), Globalcoal Newcastle Index (GCNC), dan Platt's 5900 pada bulan sebelumnya.

Harga batu bara acuan sendiri berfluktuasi sejak awal tahun. Pada Januari 2020, HBA ditetapkan sebesar US$65,93 per ton atau turun US$0,37 per ton dari US$66,30 pada Desember 2019. Kemudian, pada Februari, HBA naik menjadi US$66,89 per ton.
Lalu, HBA kembali menguat pada Maret menjadi US$ 67,08 per ton. Sebelum akhirnya merosot pada April lalu.

"Trennya untuk dua bulan terakhir ini kembali turun," jelasnya.

#ekbis

Index

Berita Lainnya

Index