Walikota Pekanbaru Prediksi Puncak Pandemi Covid-19 Berlangsung Hingga Mei

Walikota Pekanbaru Prediksi Puncak Pandemi Covid-19 Berlangsung Hingga Mei
Walikota Pekanbaru Firdaus.

PEKANBARU - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Pekanbaru rencananya diperpanjang mulai besok. Perpanjangan ini direncanakan terhitung sejak 1 Mei sampai 14 Mei 2020 mendatang.
 
Walikota Pekanbaru Firdaus mengatakan, secara regulasi pola PSBB tahap kedua akan tetap sama. Namun diperketat lagi di dalam penerapan di lapangan sesuai dengan Peraturan Walikota (Perwako).
 
Ia menyebut, pukul 20.00 WIB hingga 05.00 WIB, masyarakat diperintahkan untuk full berada di rumah. Kemudian dari pukul 05.00 WIB sampai 20.00 WIB diberikan kesempatan kepada masyarakat yang bekerja dan mencari nafkah.

"Ini khusus untuk masyarakat yang bergerak di bidang ekonomi dalam kepala keluarga. Maupun bekerja di infrastruktur, konstruksi. Agar di bidang ekonomi tidak memberikan beban yang sangat berat kepada pelaku ekonomi," kata Walikota.


 
Ia berharap, semua elemen bersama-sama melaksanakan PSBB kali ini dengan baik. Jika dipatuhi, akan dapat memperpendek wabah ini dan mengurangi korban dalam hal ini masyarakat. Pemerintah memprediksi puncaknya akan berlangsung pada bulan Mei.
 
"Dan apabila kita sudah menjalankan PSBB ini dengan baik maka kita dapat mengurangi dampak korban dari Covid-19 ini sekitar 35.000 jiwa," jelasnya.
 
Namun sebaliknya, apabila PSBB ini tidak ditaati dengan baik, maka akan bisa dampaknya lebih lama dan jumlah korban akan lebih banyak. "Tidak hanya itu, akan tetapi juga akan mempengaruhi kepada ekonomi kita," kata Walikota. (Advertorial)

Berita Lainnya

Index