Bungkam Milan, Juventus Raih Trofi Supercoppa Italiana ke 8

Bungkam Milan, Juventus Raih Trofi Supercoppa Italiana ke 8
Ronaldo usai mencetak gol

JEDDAH (CELOTEHRIAU.COM) - Untuk kedelapan kalinya, raksasa Italia Juventus meraih Trofi Supercoppa Italiana. Raihan trofi ini didapat setelah si nyonya tua membungkam AC Milan 1-0 di King Abdullah Sports City, Jeddah, Kamis (17/1/2019).

Kemenangan pasukan hitam putih ini diraih berkat Mega bintang yang dibelinya dari Real Madrid, Cristiano Ronaldo. Gol semata wayang Ronaldo hingga peluit akhir memastikan Juventus kembali membawa pulang trofi.

Pasukan Massimiliano Allegri tersebut menunjukkan dominasinya sejak menit awal. Statistik akhir menunjukkan bahwa Bianconeri unggul secara penguasaan bola sebanyak 62 persen berbanding 38 persen.

Namun pertahanan ketat Milan membuat Juventus hanya mampu mencetak satu gol saja. Gol itu sendiri bahkan baru datang pada menit ke-61, tepat saat Ronaldo sukses mengkonversi umpan terobosan manis dari Miralem Pjanic.

Juventus langsung menebar ancaman saat pertandingan baru berjalan tiga menit. Sebuah umpan ke sisi kanan diterima oleh Costa yang berdiri bebas dan langsung mencoba mengarahkan bola ke tiang jauh. Bola telah melewati Donnarumma, tapi tak melesak ke gawang Milan.

Menit ke-34, Gianluigi Donnarumma dipaksa memungut bola dari gawangnya. Adalah Blaise Matuidi yang berhasil mencetak gol setelah mendapat umpan manis dari Douglas Costa. Namun skor tak berubah lantaran Matuidi telah berada di posisi offside.

Pada babak pertama, praktis AC Milan tidak membuat peluang berbahaya ke gawang Juventus. Malah sebaliknya, tim berjuluk Bianconeri itulah yang cukup rajin menciptakan ancaman.

Peluang untuk Juventus lagi tercipta pada menit ke-42. Setelah mendapat umpan silang dari Alex Sandro, Cristiano Ronaldo mengarahkan bola ke arah gawang dengan sundulannya. Sayang, masih belum menemui sasaran yang tepat.

Babak pertama lalu ditutup dengan peluang berbahaya oleh Milan. Hakan Calhanoglu melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Untung bagi Juventus, Wojciech Szczesny masih cukup sigap untuk menghalau tembakan pemain asal Turki tersebut.

Permulaan Milan di 45 menit kedua lebih baik. Mereka bermain dengan sabar untuk membongkar pertahanan ketat Juventus. Namun usaha yang dilancarkan oleh Samu Castillejo dan Lucas Paqueta masih belum mampu melewati barisan bek Juventus.

Juventus akhirnya mengubah kedudukan! Pada menit ke-61, Miralem Pjanic melepaskan umpan terobosan yang membuat Cristiano Ronaldo lolos dari jebakan offside. Ia tidak menemui kesulitan berarti dan menjebol gawang Donnarumma melalui sundulan. 1-0.

Bianconeri kembali membobol gawang Milan. Blaise Matuidi membantu Paulo Dybala melakukan umpan satu dua, yang berakhir dengan sang penyerang asal Argentina itu lolos dan mencetak gol. Sialnya, wasit menganulir gol tersebut karena Matuidi telah terjebak offside sebelumnya.

Di menit ke-73, mimpi buruk Milan semakin parah. Mereka harus bermain dengan 10 orang setelah wasit menghadiahi kartu merah untuk sang gelandang, Franck Kessie, yang melakukan pelanggaran terhadap Emre Can.

Pada menit-menit akhir, Juventus masih sempat menciptakan peluang berbahaya ke gawang Milan. Tembakan rendah dilepaskan oleh Ronaldo dari jarak jauh, namun Gianluigi Donnarumma masih cukup sigap untuk menghalaunya.

Pertandingan berakhir! Gol tunggal Ronaldo membuat Juventus dinyatakan sebagai pemenang laga Supercoppa Italiana kali ini. Trofi tersebut juga menjadi yang pertama untuknya sejak pindah ke Italia pada bursa transfer musim panas lalu.

Berita Lainnya

Index