BKSDA Lepasliarkan Dua Beruang Sempat Viral di Dumai

BKSDA Lepasliarkan Dua Beruang Sempat Viral di Dumai

CELOTRHRIAU.COM--Sempat viral di media sosial (Medsos), kemunculan dua beruang madu di Dumai. Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Rabu (3/6/2020) melepaskannya ke habitatnya.

Pelepasan ini, dilakukan di Desa Bukit Timah, Kabupaten Dumai bersama Tim WRU BBKSDA Riau, Resort Dumai dan Tim SKW IV.

''Hari ini kami melepasliarkan beruang di habitatnya,'' kata Kepala BKSDA Riau, Suharyono, Rabu (3/6/2020) malam.

Sebelumnya, pihaknya kata Suharyono, melakukan penggiringan sejak beberapa hari lalu, hingga malam ini.

Kondisi di lapangan, kata Suharyono, dengan keberadaan masyarakat yang menonton. Membuat, bayi beruang stres, hingga mengakibatkan memanjat pohon kepala.

Karena sulit dievakuasi, maka tim dilapangan melakukan tindakan membius bayi beruang. Namun, saat hendak di evakuasi tiba-tiba induk beruang datang.

''Saat akan di evakuasi, petugas harus menembakkan empat kali bius. Sehingga, setelah lemas, langsung dimasukkan ke kerangkeng,'' terang Suharyono.

Sebenarnya, sebut Suharyono, beruang tersebut penghuni Taman Wisata Alam (TWA) Sungai Dumai.

Sebelumnya, beruang itu, dikatakan warga sudah beberapa kali terlihat di kebun masyarakat sekitar TWA Sungai Dumai tersebut.

Saat mendapat kabar kemunculannya, petugas Balai Besar KSDA Riau dari Resort Dumai dibantu komunitas pencinta alam telah berada di lokasi untuk melakukan pemantauan dan penanganan. 

''Sejak kemarin, kami berupaya melakukan penggiringan kembali ke TWA Sungai Dumai,'' ungkap Suharyono.

Kepada warga setempat, sebut Suharyono, pihaknya juga memberikan pemahaman dan sosialisasi karena lokasinya langsung berbatasan dengan kawasan TWA sungai Dumai tentang satwa yang dilindungi.

#riau

Index

Berita Lainnya

Index