Setelah HUT Pekanbaru ke 236, Walikota Firdaus Bakal Rombak Kabinet. Ini Prediksinya...

Setelah HUT Pekanbaru ke 236, Walikota Firdaus Bakal Rombak Kabinet. Ini Prediksinya...
Walikota Pekanbaru, DR H Firdaus ST MT.
PEKANBARU - Setelah peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Pekanbaru ke 236 tahun, Walikota Pekanbaru, Firdaus diprediksi akan merombak kabinet kerjanya di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. Beberapa pejabat diprediksi akan dievaluasi mengingat masa kerja yang sudah terlalu lama dan perlu adanya penyegaran untuk membantu tugas Walikota dua tahun kedepan.
 
Dari beberapa nama yang santer bakal diganti dan dirotasi sudah pasti yang pertama ada nama M Noer. Bahkan, sejak April lalu, Walikota Pekanbaru, Firdaus sudah mengajukan rekomendasi pergantian M Noer ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Meskipun saat ini yang bersangkutan katanya sedang mengajukan Widyaiswara ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, namun hal ini tidak akan menghalangi niat orang nomor satu di Pekanbaru untuk segera menggantinya.
 
Dari nama-nama yang santer akan menggantikan M Noer sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru yakni ada nama Ahmad Ismail (Kepala Bappeda), Dedi Gusriadi (KepaIa Dinas Pertanahan) hingga Muhammad Jamil (Kepala DPM-PTSP) Kota Pekanbaru. Jika menilik prestasi, Ahmad Ismail sejak pindah dari Pemprov Riau ke Pemko Pekanbaru hanya menduduki jabatan di Bappeda Kota Pekanbaru. Bahkan, dirinya masih kalah mentereng jika dibandingkan Dedi Gusriadi yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Kimpraswil, Kepala Bappeda, Kepala Badan Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Kepala Dinas Perhubungan, Asisten II serta Kepala Dinas Pertanahan.
 
Jika Dedi Gusriadi pernah menjabat diberbagai OPD selama bertugas di Pemko Pekanbaru sebagai pejabat senior, nama Muhammad Jamil tentunya tidak bisa dilupakan begitu saja. Mantan Plt Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (BKP-SDM) Kota Pekanbaru tentunya memiliki kedekatan dan loyalitas yang sangat besar kepada Walikota Pekanbaru, Firdaus. Tidak hanya loyal dan dekat dengan Firdaus, pejabat yang masuk 50 ASN terbaik dan teladan berdasarkan penilaian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) juga memiliki kedekatan yang baik dengan para ASN serta pegawai di Pemko Pekanbaru.
 
Selama Firdaus menjadi Walikota Pekanbaru dua periode, Jamil pernah menjabat diberbagai OPD sebagai Kepala Bagian Umum, Plt Kepala BKP-SDM, Plt Kepala Dinas Koperasi, Plt Kepala Bapenda hingga Kepala DPM-PTSP Kota Pekanbaru. Tidak hanya itu saja, sejak Jamil menjabat sebagai Kepala DPM-PTSP, Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekanbaru sudah menjadi role model atau percontohan DPM-PTSP se Indonesia. Selain menjadikan yang terlengkap dan terbaik, banyak daerah sekarang ingin belajar ke Kota Pekanbaru terkait dengan inovasi yang telah dilakukan Muhammad Jamil. Siapa calon terkuat? Tentu para pembaca sudah bisa memprediksinya.
 
Bergeser ke tempat lain, pejabat yang sangat berpotensi untuk dirotasi diantaranya Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru, Agus Pramono. Yang bersangkutan diprediksi akan menduduki jabatan baru sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru. Sementara, Zulfikri akan menempati pos baru sebagai Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) menggantikan Zulfahmi Adrian.
 
Ditempat lain, dengan pensiunnya Jhony Sarikoen sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), maka posisi yang bersangkutan akan digantikan Abdul Jamal yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru. Sementara pos yang ditinggalkanya akan digantikan Ismardi Ilyas (Sekretaris) merangkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan.
 
 
Berlanjut ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya, jabatan Kepala BKP-SDM Kota Pekanbaru diprediksi akan ditempati Baharuddin. Untuk jabatan Asisten III muncul nama Masykur Tarmizi yang belum lama ini dilantik sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Pekanbaru. Sementara itu, posisi Kepala Balitbang Pekanbaru diprediksi ditempati Yuli Usman yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris BKP-SDM Kota Pekanbaru.
 
Untuk jabatan Kepala Kesbangpol Kota Pekanbaru, nama Maisisco bisa dipastikan akan menjabat sebagai Plt. Hal ini terjadi setelah M Yusuf telah mengambil jabatan Fungsional Perekayasa Ahli Madya di Balitbang Kota Pekanbaru.
 
Nah, dengan pindahnya Agus Pramono ke DLHK Kota Pekanbaru, untuk sementara waktu jabatan Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru akan dijabat Plt. Dua nama bisa saja disiapkan Walikota Pekanbaru diantaranya Azwan (Asisten I) dan M Fardham (Sekretaris Satpol-PP).
 
OPD lain yang kepala dinasnya menjadi sorotan Walikota Pekanbaru yakni Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru. Posisi Mutia Eliza diprediksi akan digantikan pejabat lama yang sempat di istirahatkan Walikota Pekanbaru. Hal ini merujuk dengan rekomendasi KASN.
 
Ditempat lain, posisi Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru diprediksi akan ditempati Nelfiyona. Sementara Chairani diprediksi akan menempati Kepala OPD baru diantaranya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) atau Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Pekanbaru.
 
Selain memprediksi nama-nama pejabat yang akan dirotasi dan diganti, celotehriau.com juga memprediksi nama-nama yang masih tetap dipertahankan dijabatan lama oleh Walikota Pekanbaru, Firdaus diantaranya Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Ingot Ahmad Hutasuhut), Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan (El Syabrina), Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Muhammad Amin), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Irma Novrita), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangan (Indra Pomi), Dinas Pertanahan (Dedi Gusriadi), Dinas Pertanian dan Perikanan (Syahmanar S Umar), Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Firmansyah Eka Putra), Dinas Penamaan Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Muhammad Jamil).
 
Berlanjut ke Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Burhan Gurning), Sekretaris DPRD (Badria Rika Sari), Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Ardhani), Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (Syoffaizal), Inspektorat (Samsuwir), Badan Pendapatan Daerah (Zulhelmi Arifin), Kepala Bappeda (Ahmad Ismail), Dinas Perhubungan (Yuliarso), Dinas Koperasi dan UMKM (Idrus), Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Daerah (Zarman Candra), Dinas Kesehatan (Muhammad Amin), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Nurfaizal) dipertahankan jika masa pensiun ditambah.
 
Setelah kita prediksi para pejabat yang akan diganti dan dirotasi, lalu kapankah Walikota Pekanbaru akan melantik pejabat di lingkungan Pemko Pekanbaru? Merujuk dengan isi berita dilead awal tadi, jika tidak ada aral melintang dan desakan, prediksi pelantikan pejabat esselon akan digelar ditanggal 26 Juni atau 3 Juli 2020. JUMAT KERAMAT!! 
 
Sekali lagi, celotehriau.com hanya memprediksi. Terkait dengan siapa yang akan diganti dan dipertahankan tentunya hal ini menjadi hak prerogatif dari Walikota Pekanbaru, DR H Firdaus ST MT. Wallahu A'lam Bishawab. Wassalam

Berita Lainnya

Index