Ada Oknum-oknum Kuasai Lahan KIT, Begini Respon Pj Sekda Pekanbaru

Ada Oknum-oknum Kuasai Lahan KIT, Begini Respon Pj Sekda Pekanbaru
Pj Sekdako Pekanbaru, Muhammad Jamil.

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan menuntaskan permasalahan penyerobotan lahan oleh pihak lain di Kawasan Industri Tenayan (KIT). Hal ini terlepas usai Pemko Pekanbaru menyerahkan pengelolaan KIT ke PT Sarana Pembangunan Pekanbaru (SPP).

"Sampai saat ini memang masih ada oknum-oknum tidak bertanggungjawab yang menyerobot lahan di KIT. Nah ini masalahnya, karena ada pihak yang mengklaim punya dokumen atas lahan tersebut," kata Pj Sekda Kota Pakanbaru, Muhammad Jamil.

Mantan Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pekanbaru ini menambahkan, permasalahan penguasaan lahan ini akan menjadi perhatian Pemko Pekanbaru. Pasalnya, pembangunan di Kawasan Industri Tenayan mulai dipercepat.

"Kami sudah menyerahkan pengelolaan aset KIT kepada PT SPP. Selain itu, kami juga akan terus mengawal agar aset KIT tuntas dan investor bisa berinvestasi," terangnya.

Perlu diketahui, KIT bisa membuka lapangan kerja bagi 300.000 orang. Hal ini akan berdampak positif bagi perekonomian di Kota Pekanbaru.

"Kami mendorong agar KIT bisa segera terkelola dengan baik. KIT pun bisa menjadi tujuan investasi," imbuhnya.

Saat ini, KIT yang bisa dimanfaatkan sekitar 266 hektare. Total keseluruhan KIT sebenarnya mencapai 3.000 hektar. 

Berita Lainnya

Index