Kreasi Para Petani di Kelurahan Lembah Sari Diapresiasi Walikota Firdaus

Kreasi Para Petani di Kelurahan Lembah Sari Diapresiasi Walikota Firdaus
Walikota Pekanbaru, Firdaus bersama para petani di Kelurahan Lembah Sari, Rumbai Pesisir saat mengolah ubi menjadi dodol.

PEKANBARU – Walikota Pekanbaru, Firdaus mengapresiasi kreasi para petani di Kelurahan Lembah Sari, Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru. Mereka membuat olahan ubi menjadi dodol. Firdaus juga mencanangkan Gerakan Menanam Cabe dan panne ikan di Kelurahan Okura.

"Saat ubi tidak laku, maka ubi pun diolah menjadi produk kreasi makanan," ujarnya , Selasa (16/6/2020).

Ada serangkaian percobaan saat membuat dodol ubi. Pembuat dodol ubi terus melakukan percobaan hingga akhirnya bisa dinikmati oleh masyarakat. "Kita mengapresiasi kreasi para petani dan meminta Dinas Pertanian untuk membantu petani," terangnya.

Ia juga meminta Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pekanbaru bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru untuk membina produksi dodol ubi tersebut. Begitu juga dengan pelaku UMKM lainnya. Pemerintah kota nantinya akan berupaya memberi stimulus bagi pelaku UMKM pada APBD Perubahan Kota Pekanbaru tahun 2020.

"Jadi nantinya produksinya lebih higienis. Nanti bisa jadi inovasi produk khas olahan ubi," terangnya.

Firdaus juga berharap nantinya menjadi awal menjaga ketahanan pangan di Kota Pekanbaru. Apalagi saat ini ada bahan pangan yang bisa diolah menjadi produk inovatif. Ia menilai Kota Pekanbaru adalah kota dunia usaha. Ada banyak sektor usaha yang bisa dikembangkan.

Industri rumah tangga misalnya. Industri ini didukung sektor pertanian.Ia menyebut dalam satu hektar lahan nantinya ada sejumlah aktivitas. "Jadi satu lahan nantinya ada aktivitas pertanian dan perikanan,"pungkasnya (Advertorial)

Berita Lainnya

Index