Parah!! Kabel PJU Ribuan Meter di Pekanbaru Dicuri OTK

Sabtu, 25 Juli 2020 - 11:56:49 WIB Cetak

Ilustrasi

PEKANBARU - Sempat terang karena Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) telah diperbaiki Dinas Perhubungan (Dishub) Pekanbaru, fakta di lapangan keberadaan PJU kembali padam. Kuat dugaan, PJU yang telah diperbaiki kabel PJU tersebut dicuri oleh oknum tidak bertanggungjawab.

Kepala Dishub Pekanbaru, Yuliarso melalui Kepala Bidang Keselamatan Teknis Sarana dan Prasarana Dishub Pekanbaru, Tengku Ardi Dwisasti membernarkan jika keberadaan kabel PJU di Pekanbaru banyak dicuri oleh oknum tidak bertanggungjawab.

"Iya benar dicuri. Malahan yang dicuri itu bukan hanya kabel yang ditanam di dalam tanah, tapi kabel PJU yang terpasang di saluran udara pun dicuri. Dari 22 ruas jalan di Pekanbaru, total kabel yang dicuri dari periode April-Mei mencapai 8.800 meter," katanya.

Dikatakannya, dari 22 ruas jalan yang ada, kehilangan kabel terpanjang terjadi di jalan Seroja (SMK 6, Kecamatan Tenayan Raya). "Di lokasi ini kabel yang hilang 1.700 meter. Kemudian di Jalan Raja Panjang, Okura sebanyak 1.500 meter," ujarnya.

Tidaknya itu saja, titik lain yang kabel PJU yang dicuri diantaranya Jalan M Nur, Jalan Tuanku Tambusai, Jalan Juanda, Jalan Danau Buatan, Jalan Zainal Abidin, Jalan Pesantren, Jalan Tanjung Datuk, Jalan Alam Raya, Jalan Harapan Raya, Jalan Cempaka Jalan Tengku Umar, Jalan Kapau Sari, Jalan Datuk Setia Maharaja, Jalan Duyung, Jalan Todak Ujung, Jalan Badak, Jalan Bambu, Jalan Kaharuddin Nasution, serta Jalan Gunung Kelud.

Dalam kesempatan ini, pihaknya mengimbau agar seluruh masyarakat Pekanbaru dapat menjaga fasilitas umum yang ada. Selain itu, jika melihat adanya tindakan pencurian terhadap kabel PJU dapat melaporkan ke PJU Call Center di nomor 0811-769-466.

"Bantu kami jika adanya oknum yang melakukan tindak pencurian. Jangan percaya kalau ada petugas yang mengaku dari Dinas Perhubungan atau PLN jika tidak menggunakan atribut lengkap serta kendaraan operasional resmi," pungkasnya.



Tulis Komentar +
Berita Terkait+