AP II Catat Lonjakan Penumpang Pesawat 38 Persen di Agustus

AP II Catat Lonjakan Penumpang Pesawat 38 Persen di Agustus

CELOTEH RIAU--Lalu lintas angkutan udara di 19 bandara PT Angkasa Pura II (Persero) meningkat sepanjang Agustus 2020 jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Jumlah penerbangan pada Agustus 2020 tercatat 25.041 penerbangan atau naik 17 persen dibandingkan dengan Juli 2020 sebanyak 21.431.

Sementara itu, jumlah pergerakan penumpang meningkat hingga 38 persen menjadi 2,10 juta orang dari sebelumnya 1,52 juta orang. Sedangkan volume angkutan kargo stabil di angka sekitar 49 juta kilogram.

Khusus di Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia, jumlah penerbangan pada Agustus 2020 naik 17 persen dibandingkan Juli 2020 menjadi 14,393.

Jumlah pergerakan penumpang naik 36 persen menjadi 1,22 juta orang, dan volume angkutan kargo stabil di 38,8 juta kilogram.

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan peningkatan lalu lintas penerbangan ini didorong membaiknya permintaan masyarakat terhadap penerbangan.

"Membaiknya permintaan masyarakat membuat frekuensi penerbangan di satu rute bertambah, lalu rute-rute yang sempat ditutup kini kembali aktif kembali. Hal ini tidak lepas dari kepercayaan masyarakat terhadap sektor penerbangan nasional di tengah pandemi ini," ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (2/9).

Awaluddin memaparkan jumlah penumpang di 19 bandara mencapai 2 juta orang dan khusus di Soekarno-Hatta sekitar 1,22 juta orang.

Di samping Bandara Soekarno-Hatta, penerbangan di Bandara Husein Sastranegara (Bandung) juga mulai melonjak pada Agustus lalu menyusul kembali beroperasinya pesawat jet.

Saat ini Bandara Husein Sastranegara melayani penerbangan dari dan ke Kualanamu, Denpasar, Pekanbaru, Makassar, Balikpapan dan Palembang.

Maskapai yang mengoperasikan pesawat jet di Bandara Husein Sastranegara adalah Garuda Indonesia, Citilink dan Lion Air.

Awaluddin mengatakan kembalinya operasional pesawat jet ke Bandara Husein Sastranegara diharapkan dapat mendukung pemulihan ekonomi di Jawa Barat khususnya Bandung dan sekitarnya.

Penerbangan pesawat jet di Bandara Husein Sastranegara dilakukan sejak 20 Agustus 2020, di mana sebelum tanggal itu penerbangan pesawat jet dioperasikan di Bandara Kertajati.

Protokol kesehatan dijalankan ketat di tengah peningkatan penumpang pesawat, PT Angkasa Pura II dan stakeholder lainnya seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes) dan maskapai berkomitmen menjaga agar protokol kesehatan dapat dijalankan secara ketat.

Setiap penumpang harus melalui pengecekan suhu tubuh dan pemeriksaan surat hasil rapid test atau PCR test.

"Fasilitas di bandara juga mengedepankan touchless serta physical distancing, dan tersedia hand sanitizer dan wastafel yang dapat digunakan traveler. Secara berkala, juga dilakukan disinfeksi di seluruh sisi bandara dan terminal penumpang. Setiap personel bandara wajib menggunakan APD, begitu juga traveler atau pengunjung wajib menggunakan masker ketika berada di bandara," jelas Awaluddin.

Sementara itu, pesawat yang dioperasikan maskapai juga memiliki filter HEPA (High Efficiency Particulate Air) guna memastikan sirkulasi udara berjalan baik dan menjaga tingkat kebersihan udara selama penerbangan.

 

#nasional

Index

Berita Lainnya

Index