14 September Batas Akhir Pendaftaran Calon Ketua DPD REI Riau, Tiga Bacalon Sudah Ambil Formulir

14 September Batas Akhir Pendaftaran Calon Ketua DPD REI Riau, Tiga Bacalon Sudah Ambil Formulir
Ketua Penjaringan Musda REI Riau Ir H Hermansyah Agus Mursi.

PEKANBARU - Tiga Bakal Calon (Bacalon) Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Real Estate Indonesia (REI) Provinsi Riau, diprediksi akan mengikuti kontentasi pemilihan ketua periode 2020-2023. Kepastian ini, terlihat dari sudah diambilnya formulir pendaftaran oleh masing-masing bacalon jelang Musyarawah Daerah (Musda) DPD REI, 14 Oktober 2020.

Sejak resmi dibukanya pemilihan ketua DPD REI, tanggal 14 Agustus lalu, ketiga bacalon yang telah mengambil formulir ke kantor sekretariat DPD REI di Jalan Jendral Sudirman diantaranya Anton GGA, Musdalil dan Nursyafri Tanjung.

“Iya, ketiga bacalon sudah mengambil formulir pendaftaran dalam tahapan pelaksanaan Musda DPD REI ke XII tahun 2020. Sekarang kami dari tim penjaringan masih menunggu kapan formulir tersebut dikembalikan,” kata Ketua Penjaringan Musda REI Riau, Hermansyah Agus Mursi, Kamis (3/9/2020).

Dikatakan Hermansyah, untuk persyaratan ketiga bacalon yang sudah mengambil formulir tersebut, pihaknya sebagai tim penjaringan akan terlebih dahulu memverifikasi. Sebab, tim penjaringan akan kembali memverifikasi berkas yang sudah dikembalikan.

“Untuk itu ditanggal 14 September nanti, tepatnya Pukul 16.00 WIB kita tunggu berkas dari masing-masing calon. Kita tidak akan menambah batas waktu lagi karena tahapan akan disusun tim penjaringan. Nah ditanggal 17 September nanti kita akan umumkan kepada anggota siapa saja calon yang lolos verifikasi. Setelah itu kita buka masa sanggahan selama dua hari,” jelasnya.

Dalam waktu masa sanggah ini, siapa saja yang menemukan bakal calon tak memenuhi persyaratan, maka langsung dilaporkan ke tim penjaringan untuk ditindaklanjuti. Kalau terbukti itu benar, maka sang bakal calon akan digugurkan.

Selanjutnya, pada tanggal 19 September, Tim Penjaringan akan membuat surat rekomendasi kepada Panitia Musda, agar menyiapkan para bakal calon ini disiapkan untuk menjadi calon.

Disinggung apakah ada penambahan bakal calon, yang ingin mendaftar atau mengambil formulir, Hermansyah menyebutkan, bahwa kemungkinan itu pasti ada. Sebab, sejak awal sudah dibuka kran bagi siapa saja anggota REI, untuk maju bertarung di Musda ke XII tahun 2020.

"Tapi kami harapkan bagi yang ingin mendaftar, jangan menumpuk di hari terakhir. Karena kita akan lakukan verifikasi," tambahnya.

Saat ditanyakan apakah ada peluang bagi Bacalon untuk terpilih secara aklamasi? Ditegaskan lagi Hermansyah, untuk proses aklamasi berpeluang. Namun proses musyawarah tetap saja berjalan sesuai AD/ART. Tapi sebaliknya, jika tidak tercapai aklamasi, panitia tetap melaksanakan Musda.

"Untuk suara sah di Musda, belum ditetapkan. Karena prosesnya nanti di pleno DPD REI. Tapi sampai sekarang berdasarkan data yang ada, suara sah itu sekitar 176 perusahaan," terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Tim Penjaringan Ari Prama Citra menghimbau kepada seluruh anggota REI Riau, untuk mengikuti kontestasi ini. Karena berpeluang bagi siapa saja untuk duduk sebagai Ketua DPD REI periode 2020-2023.

"Harapan kami, agar pesta tiga tahunan ini meriah, silakan ramaikan pendaftaran. Untuk semua bakal calon yang mengambil formulir, agar bisa mengembalikan secepatnya. Tujuannya, agar tim verifikasi bisa bekerja sesuai tahapan. Jadi, jangan terlalu mepet lah," pintanya seraya mengajak semua anggota REI Riau untuk mensukseskan helatan ini dengan sempurna.

Berita Lainnya

Index