Kekurangan Jumlah Siswa, Disdik Merger 20 Sekolah

Kekurangan Jumlah Siswa, Disdik Merger 20 Sekolah

PEKANBARU (CELOTEHRIAU.COM) -Dinas Pendidikan Pekanbaru berencana akan melakukan penggabungan (marger) terhadap 20 sekolah negeri di Pekanbaru untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Hal ini bertujuan, agar tidak ada lagi sekolah yang kekurangan murid akibat lokasi sekolah yang berdekatan. 

Setiap tahunnya, sejumlah sekolah selalu mengeluhkan permasalahan kekurangan murid karena lokasi sekolah yang berdekatan. Bahkan dalam sebuah lingkungan yang sama, terdapat 2-3 sekolah yang berdekatan sehingga terkadang harus bersaing dalam mencari murid baru. 

Kondisi ini menjadi perhatian serius Dinas Pendidikan Pekanbaru, sehingga solusi yang ditawatkan adalah marger atau penggabungan 2-3 sekolah menjadi 1 sekolah.

Ketua Komisi III DPRD Pekanbaru, Zulfan Hafiz mengungkapan, saat ini ada sebanyak 194 sekolah negeri mulai dari tingkat TK, SD dan SMP di Pekanbaru. Rencananya pada tahun ajaran baru sekolah nanti, Disdik Pekanbaru akan melakukan merger terhadap 20 sekolah negeri terutama untuk tingkat SD dan SMP.  

"Pada tahun ajaran baru sekolah nanti, Disdik Pekanbaru berencana akan melakukan marger terhadap 20 sekolah negeri. Ini berarti, dari 194 sekolah negeri yang ada maka akan berkurang menjadi 174 sekolah," katanya.

"Semoga langkah ini, bisa mengatasi persoalan kekurangan jumlah murid serta jumlah guru yang selama ini selalu dirasakan beberapa sekolah," imbuhnya.

Zulfan menyebutkan, langkah marger sekolah ini sebelumnya sudah dikonsultasikan bersama pihak Kementerian Pendidikan RI. Dengan dilakukannya marger terhadap sejumlah sekolah, maka secara otomatis bisa mengurangi biaya operasional sekolah.

Berita Lainnya

Index