PWI Pusat Bakal Berikan Anugerah Kebudayaan untuk Bupati dan Walikota

PWI Pusat Bakal Berikan Anugerah Kebudayaan untuk Bupati dan Walikota
Silaturahmi bupati/walikota bersama penerima penghargaan dengan Pengurus PWI Pusat,dan Dewan Persa di Hall Dewan Pers Jakarta, tahun silam. (Foto: Dok PWI Pusat)

JAKARTA - Bupati/Walikota dari Sabang sampai Merauke, yang selama ini mempunyai komitmen membangun daerah dengan pendekatan kebudayaan, diundang mengikuti Anugerah Kebudayaan PWI Pusat  untuk Bupati/Walikota, pada Hari Pers Nasional (HPN) 2021 di Jakarta.

Untuk itu Ketua Umum PWI Pusat Atal S. Depari bersama Pelaksana Anugerah Kebudayaan PWI Pusat Yusuf Susilo Hartono, akan menggelar penjelasan umum. Diundang menghadiri acara ini via zoom meeting antara lain Asosiasi Pemerintah Kabupaten se-Indonesia (APKASI), Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia (APEKSI), Bupati/Walikota yang berminat ikut, jajaran PWI Provinsi se-Indonesia, dll. Waktunya  hari Jumat, 9/10/2020, pukul 14.00 – 16.00 WIB. Registrasi  di link https: //bit.ly/34manFs.

“Diharapkan dengan penjelasan umum ini, terutama Bupati/Walikota yang tertarik ikut, bisa mempersiapkan diri lebih baik, dalam mengikuti seluruh prosesnya, dari babak pendaftaran, babak seleksi, hingga penentuan 10 penerima anugerah,” jelas Yusuf.

Yusuf menambahkan, mengingat kita sedang dalam pandemi Covid-19, maka dalam proses pelaksanaan Anugerah Kebudayaan PWI Pusat kali ini tetap menomersatukan protokol kesehatan. Bahkan, lebih jauh dari itu, aspek pandemi ini, dimasukkan kedalam salah satu dari lima aspek substansial kriteria penilaian.

Pada saat keadaan normal, Anugerah Kebudayaan PWI Pusat sebelumnya : pertama, dalam HPN di Lombok 2016, dan kedua, dalam HPN 2020 di Banjarmasin, kriteria penilaiannya menitik beratkan pada empat aspek. Pertama, potensi daerah khususnya  bidang kebudayaan. Kedua, strategi dan inovasi untuk pemajuan kebudayaan lokal. Ketiga, dukungan sarana prasarana, SDM, anggaran hingga kegiatan bersekala lokal-nasional dan internasional.  Keempat, pemanfaatan media massa dan media sosial. Kini, saat pandemi Covis-19, ada aspek aspek kelima, yaitu penanganan pandemic Covid, berdasarkan protokol kesehatan, maupun kearifan lokal.

Indonesia yang dinilai UNESCO sebagai negara adi kuasa di bidang kebudayaan, menurut Yusuf masing-masing daerah terwarisi kearifan lokal, khususnya dalam hal mencegah wabah. Baik dalam bentuk doa-doa/rapalan, ritual, nyanyian, pertunjukan,  hingga obat-obatan, makanan, dan minuman. “ Memori kolektif itu yang ingin kita gali, sebagai sebuah kekayaan dan kekuatan kultural, ” tandasnya.

Adapun Bupati/Walikota penerima Anugerah Kebudayaan PWI Pusat- HPN 2020 di Banjarmasin adalah Walikota Tangsel-Banten Airin Rachmi Diani, Walikota Banjarmasin- Kalsel  Ibnu Sina , Walikota Ambon- Maluku  Richard Louhenapessy , Bupati Tubaba-Lampung Umar Achmad, Bupati Halmahera Barat-Maluku Utara Danny Missy, Bupati Serdang Bedagai-Sumut Soekirman, Bupati Luwu Utara-Sulsel Indah Putri Indriani, Bupati Gunung Kidul-DIY Hj Badingah, Bupati Tabalong-Kalsel Anang Syakhfiani, dan Walikota Baubau- Sultra AS Tamrin.

Berita Lainnya

Index