Ini Kendala Belum Terealisasinya Laboratorium Biomolekuler di Pekanbaru

Ini Kendala Belum Terealisasinya Laboratorium Biomolekuler di Pekanbaru
Zaini Rizaldy Saragih

PEKANBARU -- Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru hingga saat ini masih memproses pengadaan laboratorium biomolekuler. Laboratorium itu nantinya digunakan dalam pemeriksaan sampel swab tersebut. 

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota M Noer, melalui Sekretaris dr Zaini Rizaldy Saragih mengungkapkan, salah satu kendala belum terealisasi nya laboratorium biomolekuler itu karena ruangan lab yang belum rampung. 

"Masih finishing ruangan laboratorium. Saat ini sedang pemasangan eva filter. Kan ruangan lab itu kedap udara," ujar Zaini. 

Laboratorium biomolekuler itu nantinya berada di Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani Pekanbaru, Jalan Garuda Sakti Km.2 Kecamatan Tampan. 

Zaini mengungkapkan, ada perluasan ruangan yang dipersiapkan untuk tempat laboratorium. Ada tiga unit alat laboratorium yang saat ini tengah di proses. Laboratorium itu masuk dalam pengadaan lelang cepat. 

"Ada tiga alat (laboratorium), anggaran nya itu sekitar Rp7 miliar," terang Zaini. 

Menurutnya, saat ini pihaknya hanya menanti persiapan ruangan laboratorium. Jika ruangan itu rampung, laboratorium itu sudah dapat dioperasikan oleh Diskes Pekanbaru. 

"Mudah-mudahan minggu ini bisa selesai agar laboratorium itu dapat kita gunakan," pungkasnya.

Berita Lainnya

Index