Peran Generasi Milenial di Hari Sumpah Pemuda Dalam Situasi Covid-19

Peran Generasi Milenial di Hari Sumpah Pemuda Dalam Situasi Covid-19

Hari Sumpah Pemuda selalu diperingati setiap 28 Oktober dan tahun ini merupakan peringatan ke-92. Namun, peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya karena terjadi di tengah pandemi COVID-19. Sumpah pemuda adalah sebuah ikrar setia. Sumpah pemuda adalah bukti nyata.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini lahir dari rangkaian Kongres Pemuda II di Batavia pada 27-28 Oktober 1928.Dari rangkaian kongres itu lahir Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 dan menghasilkan isi Sumpah Pemuda.

Isi sumpah pemuda itu: Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Pemuda dan pemudi indonesia dapat diharapkan sebagai pembawa perubahan yang baik, apalagi disaat yang penuh tantangan ini, Indonesia sangat membutuhkan Pemuda yang penuh inovasi,yang mampu memberikan solusi, yang bisa membawa perubahan dan memberikan kekuatan yang besar dalam menghadapi Tantangan-Tantangan kedepannya.

Pada tahun 2020 ini, peringatan Hari Sumpah Pemuda berbeda dari tahun sebelumnya seiring pandemi COVID-19 yang terjadi. Seiring pandemi COVID-19 yang terjadi, generasi muda sebagai harapan suatu bangsa juga punya peran penting.Dalam situasi COVID-19 ada beberapa hal yang perlu di persiapkan generasi muda saat ini meski di tengah pandemi ini :

1. Pemuda menjaga kesehatan dengan kesadaran kesehatan publik diatas kesehatan individu dan kelompok, ini artinya kita harus siap terhadap semua peraturan kesehatan dan mematuhinya.

2. Pemuda juga harus siap mengelola tantangan hidup kedepan dengan mampu berkarya kreatif dan inovatif sehingga memunculkan peluang bisnis dan usaha yang baru, sehingga kita dapat menjadi pemuda yang produktif.

3. Pemuda juga harus siap menjadi tonggak harapan hidup suatu bangsa secara ilmu dan pengetahuan, dengan kata lain seorang pemuda harus terus belajar baik dengan teknologi dan informasi yang ada di harapkan kita mampu menjadi pemuda yang berilmu dan pintar.

Peringatan Sumpah Pemuda ini dapat kita jadikan sebagai pembangkit rasa persatuan dan rasa semangat yang besar terutama bagi generasi muda, peringatan sumpah pemuda bagi generasi muda indonesia dapat menumbuhkan rasa kerja keras, rasa persatuan dan kesatuan, rasa saling peduli, rasa saling berbagi, rasa simpati dan empati dan, semangat gotong royong dalam membangun suatu kebersamaan sebagai bangsa.Dengan semangat persatuan para pemuda, tantangan yang berat termasuk pandemi covid 19 yang sedang kita hadapi ini pasti akan terlewati.

Oleh karena itu sebagai pemuda harapan bangsa yang mengalir darah sumpah pemuda harus dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan selalu memberikan dampak positif untuk sekitarnya dengan melakukan tiga hal di atas dan selalu menaati segala peraturan kesehatan dari pemerintah.

Berita Lainnya

Index