Dua Klub Serie B Punya Andil Datangkan Ronaldo ke Juventus

Dua Klub Serie B Punya Andil Datangkan Ronaldo ke Juventus
Cristiano Ronaldo

PEKANBARU (CELOTEHRIAU.COM) ??Dua klub Serie B Liga Italia, Perugia dan Benevonto, membantu Juventus dalam mendatangkan Cristiano Ronaldo dari Real Madrid pada bursa transfer awal musim ini.

Ronaldo pindah ke Juventus setelah sembilan musim berseragam Real Madrid dengan banderol harga mencapai €117 juta atau setara dengan Rp1,85 triliun.

Dikutip dari Calciomercato berdasarkan laporan La Repubblica, transfer Ronaldo ke Juventus terjadi karena bantuan dari dua klub Serie B, Perugia dan Benevonto.

Perugia membantu pendanaan Juventus dengan membeli bek Giangiacomo Magnani dari Si Nyonya Tua dengan harga €5 juta sebelum pindah ke Sassuolo di bursa transfer yang sama. 

Selain itu Perugia juga merekrut kiper Nicola Leali dari juara bertahan Serie A itu dengan banderol €2 juta. Hanya saja pada Januari lalu Leali pindah ke Foggia dengan status pinjaman.

Klub Serie B lain yang memiliki andil dalam kedatangan pemain berjuluk CR7 itu ke Stadion Allianz adalah Benevonto. Klub berjuluk Stregoni itu membeli gelandang Andres Tello dengan mahar €3 juta.

Dengan total pengeluaran sebesar €3 juta Benevonto menyumbang 2,5 persen dari pembelian Ronaldo oleh Juventus. Sedangkan Perugia hanya 2 persen setelah dipotong penjualan Magnani ke Sassuolo dengan harga yang sama.

Calciomercato menyebut Sampdoria dan Udinese merupakan klub yang memberikan 'bantuan' paling besar dengan persentase mencapai 26 persen.

Udinese membeli Rolando Mandragoda dengan harga €20 juta. Sampdoria juga berpeluang mengeluarkan jumlah yang sama karena memiliki kewajiban membeli kiper Emil Audero setelah masa pinjamannya selesai pada akhir musim ini.

Selain Udinese dan Sampdoria, klub Serie A lain yang ikut membeli pemain dari Juventus pada musim panas lalu adalah Genoa (Stefano Sturaro) dan Cagliari (Alberto Cerri).

Berita Lainnya

Index