Survei SMRC: 27 Persen Pemilih Gerindra Pilih Anies dan Sandi 

Rabu, 30 Desember 2020 - 06:37:56 WIB Cetak

CELOTEH RIAU---Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) mendapati bahwa sebesar 27 persen pemilih Partai Gerindra lebih banyak memilih Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menparekraf Sandiaga Uno bila Pilpres diselenggarakan pada hari ini.

"Pemilih Gerindra menyatakan dukungan kepada calon presiden, 13 persen keh Anies (dan) 14 persen ke Sandiaga," demikian data hasil survei yang dipaparkan Direktur Eksekutif SMRC Sirojudin Abbas, dalam konferensi pers daring, Selasa (29/12/2020).

Dalam survei nasional SMRC bertajuk 'Sentimen Publik Nasional terhadap Kondisi Ekonomi-Politik tahun 2020 dan Prospek 2021' itu, Ketua Umum Gerindra yang saat ini Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto masih lebih diunggulkan jika Pilpres berlangsung hari ini.

Abbas mengatakan ada 50 persen pemilih Partai Gerindra di Pemilu 2019 yang mau memilih Prabowo jadi presiden.

Selain itu, hanya 39 persen pemilih Prabowo di Pilpres 2019 yang menyatakan akan memilih Prabowo seandainya Pilpres dilakukan saat ini.

Ganjar Pranowo Tertinggi
Sementara itu, untuk survei yang bertanya ke publik secara umum, Abbas menyatakan sentimen terhadap Prabowo sebagai calon presiden kalah dari yang diperoleh Gubernur Jawa Tengah yang juga politikus PDIP Ganjar Pranowo.

Dari survei itu, Abbas mengatakan Ganjar memperoleh elektabilitas tertinggi bila Pilpres digelar pada hari ini yakni sebesar 15,7 persen.

Prabowo menempati posisi kedua dengan 14,9 persen, kemudian Anies Baswedan sebesar 11 persen, Sandiaga Uno 7,9 persen, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 7,1 persen, Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono 3,1 persen, dan Menteri Sosial yang juga Ketua DPP PDIP Tri Rismaharini 3,1 persen.

Menurut Abbas, dengan data itu, Prabowo yang pernah menjadi capres pada 2014 dan 2019 itu kemungkinan sulit sukses maju pada Pilpres 2024.

Bila dilihat dukungan berdasarkan massa pemilih partai, Abbas menjelaskan dukungan terhadap Ganjar datang dari pendukung PDIP sebesar 28 persen, PKB sebesar 27 persen, PPP sebesar 21 persen, dan NasDem sebesar 20 persen.

Sementara itu, dukungan terhadap Anies datang paling banyak dari massa pendukung PKS sebesar 37 persen.

Kemudian, dukungan untuk Ridwan Kamil terbanyak datang dari massa pemilih Golkar sebesar 21 persen, dan terhadap Sandiaga datang dari massa pemilih NasDem sebesar 25.

Abbas mengatakan survei pihaknya ini juga menunjukkan bahwa sebanyak 24 persen pemilih Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf AMin pada Pilpres 2019 menyatakan akan memilih Ganjar menjadi presiden bila pilpres digelar pada hari ini.

Sementara itu, 8 persen lainnya memilih Sandiaga, 8 persen memilih Anies, 8 persen memilih Ridwan Kamil, dan 6 persen memilih Prabowo.

Untuk diketahui, survei SMRC ini dilakukan melalui wawancara per telepon kepada 1.202 responden yang dipilih secara acak (random) pada 23 hingga 26 Desember 2020. Margin of error survei diperkirakan kurang lebih 2,9 persen.



Tulis Komentar +
Berita Terkait+