Servis Mesin Pindad Maung Bisa Servis di Bengkel Resmi Toyota

Rabu, 27 Januari 2021 - 06:51:55 WIB Cetak

CELOTEH RIAU--Pindad akan menjual Maung versi sipil pada pertengahan 2021 dengan harga jual Rp600 juta. Pindad telah mengajukan kerjasama dengan Toyota untuk mesin pikap Hilux pada kendaraan taktis baru, Maung.

Menurut Pindad, calon konsumen yang hendak memiliki Maung tidak perlu khawatir ketika melakukan perawatan mesin secara berkala. Pemilik bisa mengunjungi bengkel-bengkel resmi milik Toyota.

Hal ini sebab Maung versi sipil akan menggunakan mesin yang sama dengan Hilux yakni 2GD-FTV 2.949 cc diesel yang mampu menyemburkan 147,5 hp dan torsi 400 Nm.

Direktur Utama Pindad Abraham Mose pernah mengatakan pilihan pada mesin Toyota setelah mempertimbangkan efisiensi perawatan berkala. Pindad juga memperhitungkan perubahan desain Maung yang dijual retail.

"Ini standar. Mesinnya kalau datang ke Astra [Toyota], jadi buka kap mesin bisa langsung ke komputernya, ya sesuai standar perawatan mereka," kata Abraham.

Toyota Astra Motor (TAM) juga sudah menyatakan kesiapan bila bengkelnya digunakan sebagai lokasi perawatan mobil produksi Pindad ini.

"Intinya kalau pemerintah minta bantuan atau support ke Toyota, tentu akan kami pelajari untuk bisa membantu," kata Direktur Marketing TAM Anton Jimmi.

Di samping itu Pindad belum lama ini mengklaim hendak melalukan uji coba mesin-mesin dari 10 produsen untuk menentukan mesin Maung versi sipil. Namun Abraham tidak mengungkap siapa identitas pabrikan tersebut.

"Maung versi sipil akan menjadi kendaraan pertama produksi Pindad yang dirilis di pasar komersil," ucap Abraham.

Hal ini mungkin akan mengubah model perawatan berkala Maung jika mesin yang digunakan nanti berbeda. Namun strategi mengenai layanan aftersales ini belum diungkap Abraham.

 



Baca Juga Topik #nasional+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+
Nasional

Ritel Melemah di Era Jokowi

Jumat, 15 Februari 2019
Nasional

FITRA: Anggaran Parpol Naik Tak Jamin Bebas Korupsi

Senin, 01 Februari 2021