Kapolda Papua Paulus Waterpau Dimutasi Jadi Kabaintelkam

Kapolda Papua Paulus Waterpau Dimutasi Jadi Kabaintelkam

CELOTEH RIAU--Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo menunjuk Irjen Pol Paulus Waterpauw sebagai Kepala Badan Intelijen Keamanan Polri (Kabaintelkam) Mabes Polri menggantikan Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel.

Keputusan itu tertuang dalam surat telegram nomor KEP/376/II/2021 tertanggal 18 Februari yang ditandatangani oleh Asisten Kapolri bidang SDM, Inspektur Jenderal Sutrisno Yudhi Hermawan atas nama Kapolri.

Paulus sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Papua. Sementara itu, Rycko kini resmi menduduki posisi barunya sebagai Kalemdiklat Mabes Polri.

Posisi Kapolda Papua yang ditinggalkan Paulus digantikan oleh Brigjen Pol Mathius D Fakhiri. Fakhiri sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Papua mendampingi Paulus.

Paulus Waterpauw merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1987. Pria kelahiran Fakfak Papua Barat tersebut sudah malang melintang bertugas di wilayah Papua semasa berdinas di kepolisian.

Setelah lulus Sespim, Paulus kembali ke tanah kelahirannya untuk menjabat sebagai Kapolres Mimika. Dua tahun menjabat Kapolres Mimika, Paulus kemudian dipercaya menjabat Kapolresta Jayapura pada 2005

Tak hanya itu, Paulus juga sempat menjabat sebagai Wakapolda Papua pada tahun 2011. Setelahnya, ia naik jabatan sebagai Kapolda Papua Barat pada tahun 2014. Setahun berselang, ia dimutasi kembali menjadi Kapolda Papua.

Pada 2017 lalu, Paulus sempat ditugaskan menjabat Wakabaintelkam Polri pada 2017 dan Kapolda Sumatera Utara pada tahun yang sama.

Karier dinas kepolisian pun kembali membawanya ke kampung halamannya. Sebab, Paulus kembali menjabat sebagai Kapolda Papua untuk kedua kalinya pada pada 2019.

#nasional

Index

Berita Lainnya

Index