Peringati HUT Satpol PP, Ini Pesan Wawako Pekanbaru

Peringati HUT Satpol PP, Ini Pesan Wawako Pekanbaru
Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi saat memberikan kue ke Sekda Pekanbaru, M Jamil diperayaan HUT Satpol PP Pekanbaru.

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menggelar upacara HUT ke-71 Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP), HUT ke-59 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), pada Senin (8/3/2021). Upacara digelar di halaman Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru dipimpin inspektur upacara Wakil Wali kota (Wawako) Pekanbaru Ayat Cahyadi.

"Alhamdulillah hari ini kita (Pemko Pekanbaru,red) bisa mensyukuri Hari Jadi Satpol PP dan Satlinmas. Sebelumnya pada tanggal 3 Maret 2021 lalu sudah dilaksanakan secara virtual bersama Mendagri," kata Ayat Cahyadi.

Wawako berpesan kepada jajaran Satpol PP untuk meningkatkan profesionalisme dalam penegakkan aturan terutama di masa pandemi Covid-19. Sumbangsih penting Satpol PP dalam operasi yustisi bersama TNI/ Polri dan tim Satgas patut diapresiasi. no

"HUT Satpol PP ke 71 pada 2021, aparat Satpol PP kota Pekanbaru diharapkan agar meningkatkan profesionalisme. Kita sementara ada dalam kondisi pandemi Covid-19 dengan menegakkan aturan saat pelaksanaan operasi yustisi, namun dengan tegas dan santun ," katanya, Rabu 

Dia menambahkan, tantangan yang dihadapi pemerintah di masa pandemi Covid -19 semakin berat. Peranan Satpol PP bersama tim Satgas lainnya dalam operasi yustisi memberikan manfaat yang baik.

"Saya tekankan betul, titip kepada rekan-rekan masalah kualitas ini, jangan berhenti untuk berlatih, baik berlatih tentang hal-hal attitude yang dasar seperti masalah sikap, penampilan yang bagus dan rapi, memiliki kemampuan profesional yang baik, tidak kasar. Satpol PP harus menjadi contoh penegakan disiplin," kata Wawako. 

Ayat juga berpesan, membangun kualitas organisasi dan SDM sangat penting dilakukan untuk mendapatkan kepercayaan dan legitimasi dari publik. Untuk itu, tambah dia, pengembangan diri perlu dilakukan melalui berbagai cara seperti melakukan studi kasus.

"Seperti pesan Kemendagri ya, Satpol PP juga perlu latihan-latihan yang di luar, outdoor, lakukan juga yang indoor dalam bentuk case study, studi kasus dalam bentuk kelompok, itu harus rajin dilakukan, mungkin mingguan, itu akan membangun kualitas yang lebih baik, profesionalisme," ujarnya. 

Di samping itu, Satpol PP dan Satlinmas, selain menjadi mitra aparat keamanan, dan mengemban fungsi pelaksanaan penegakan Peraturan Daerah (Perda) juga memiliki peranan untuk melindungi dan memberikan rasa aman bagi masyarakat. Oleh karenanya, Ayat, juga menekankan agar pengetahuan dan kemampuan khusus perlu dikembangkan untuk mewujudkan organisasi yang berkualitas dan dipercayai publik.

Berita Lainnya

Index