Hattrick, Pemko Pekanbaru Raih Penghargaan Pelayanan Prima Nasional dari Kemenpan-RB

Hattrick, Pemko Pekanbaru Raih Penghargaan Pelayanan Prima Nasional dari Kemenpan-RB
Walikota Pekanbaru, Firdaus didampingi Sekda Muhammad Jamil dan Kepala Disdukcapil Pekanbaru, Irma Novrita.

JAKARTA - Tiga tahun berturut, pelayanan publik di Pemko Pekanbaru menjadi terbaik nasional. Di tahun 2021 ini, kembali Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru meraih penghargaan pelayanan prima. Namun tidak sendiri, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) juga meraih hal serupa. Keduanya mendapatkan penilaian A dari KemenpanRB.

Selain dua penghargan diatas, secara personal Wali Kota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT meraih penghargaan sebagai pembina pelayanan terbaik tingkat nasional. Didampingi Sekretaris Kota Pekanbaru H M Jamil MAg MSi, Wali Kota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT menerima penghargaan tersebut langsung oleh MenpanRB Tjahjo Kumolo, Selasa (9/3/2021) di Jakarta.

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus menyatakan penghargaan ini adalah bentuk keseriusan Pemko Pekanbaru akan pelayanan publik, terutama dimasa pandemi Covid-19.

"Alhamdulillah, pelayanan publik yang kita inisiasi sejak lama diberi penilaian terbaik atau prima. Kedepan, pengghargaan ini dapat terus menjadi motivasi kami dalam pelayanan kepada masyarakat, khususnya dimasa pandemi Covid-19 ini," terang Wako usai menerima penghargan.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus bersama Bupati Badung, Walikota Bekasi dan Bandung dari 534 kepala daerah yang menerima penghargaan tersebut. Sebagai informasi, penghargaan pelayanan publik ini diberikan KemenpanRB sebagai apresiasi pemerintah daerah dan instansi vertikal atas inovasi dalam pemangkasan birokrasi pelayanan sesuai semangat reformasi birokrasi. 

Dalam sambutannya MenpanRB Tjahjo Kumolo birokrasi harus dipangkas untuk lebih cepat dalam penanaman investasi termasuk dimasa pandemi guna meningkat ekonomi nasional. Semangat tersebut yang di aplikasikan Pemko Pekanbaru dimana pelayanan publik tetap berjalan dengan baik dimasa pandemi melalui sistem daring. 

"Pada dasarnya dimasa pandemi seluruh pelayanan publik terganggu. Namun berdasarkan penilai KemenpanRB, Pekanbaru mengalami penurunan yang sangat rendah dibanding yang lain. Pesan KemenpanRB, kita harus bisa mempertahankan itu karena Pekanbru sudah menjadi role model nasional dalam hal pelayanan publik," harapnya.

Berita Lainnya

Index