Ikuti Perintah Menpan RB, Ini yang Akan Dilakukan Firdaus

Ikuti Perintah Menpan RB, Ini yang Akan Dilakukan Firdaus
Walikota Pekanbaru, Firdaus.

JAKARTA - Pembangunan suatu daerah merupakan visi dari Kepala Daerah. Namun, aplikasi dari visi tersebut menjadi tanggungjawab dari Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Agar visi tersebut tercapai, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB), Tjahjo Kumolo meminta Kepala Daerah benar-benar mendorong OPD bekerja sesuai Visi yang diusung. 

"Kunci mencapai visi itu bagaimana OPD kreatif dan inovatif. Menjabarkan visi kepala daerah mereka. Tapi jika tidak mampu melaksanakan itu, ganti saja!" tegas Tjahjo Kumolo dihadapan kepala daerah peraih penghargaan pelayanan publik prima di Jakarta, Selasa (9/3/2021).

Selanjutnya, Tjahjo Kumolo juga menjelaskan koordinasi antar OPD juga hal penting untuk mewujudkan cita-cita kepala daerah dalam membangun daerahnya. Dia menyatakan bangga banyaknya ASN yang kreatif untuk membangun pelayanan prima kepada masyarakat, terutama bagaimana meningkat perekonomian daerah terutama dimasa sulit pandemi Covid-19 ini. 

Sejalan dengan itu, Wali kota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT menyatakan adalah hal yang tepat dilakukan. Terutama terkait dengan kemampuan dalam berinovasi, dia terus mendorong kepala OPD terus melakukannya. Sementara untuk sinergi, Wako juga menyebutkan bahwa tidak ada individu bisa melakukannya sendiri melainkan dengan tim yang kuat. 

"Sesuai dengan arahan pak menteri, kita perlu Super Tim bukan superman. Karena membangun kota tidak bisa saya sendiri atau berdua saja dengan Wakil Wali kota. Banyak elemen yang harus ikut andil, dan Kepala OPD adalah agen perubahan disana. Tapi jika berdasarkan penilaian tidak mampu menjalankan visi kepala daerah, tentu saja kita harus lakukan evaluasi. Mungkin saja itu dilakukan juga kepada kepala OPD di Kota Pekanbaru yang terus kita lakukan evaluasi," jelas Wali kota.

Berita Lainnya

Index