Apa Kabar Pasar Induk? Ini Kata Kepala DPP Pekanbaru

Apa Kabar Pasar Induk? Ini Kata Kepala DPP Pekanbaru
Ingot Ahmad Hutasuhut

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru kembali membahas kelanjutan pembangunan pasar induk, Kamis (25/3) kemarin dalam rapat internal. Sebab, sejak Januari lalu pemenang lelang sistem Build Operate Transfer (BOT) itu tidak bekerja.

"Pasar induk ini kerjasama. Walaupun proses awalnya tender, tapi setelah tender selesai kan kita bangun dalam bentuk PKS (perjanjian kerjasama). Dalam poin-poin PKS sendiri kan ada tata cara penyelesaian apabila terjadi permasalahan," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut.

Kata Ingot, dalam konteks ini, terlambatnya progres pembangunan, memang sudah diidentifikasi. Ada beberapa hal penyebabnya. Pertama permasalahan financial, kedua permasalahan ekonomi yang sifatnya global.

"Artinya permasalahan ini yang datang eksternal," kata Ingot.

Saat ini, proses selanjutnya, Pemko melalui bagian hukum akan menyiapkan dokumen terlebih dahulu untuk pembahasan internal. Sehingga ketika berbicara dengan mitra, yaitu pemenang kontrak, pembahasan sudah final.

"Tentu kita benahi dulu apa yang dibutuhkan dari sisi pemkonya, baru kita nanti menyampaikan kepada mitra kita untuk review atau pembahasan ulang tentang kerja sama ini. Karena memang dalam PKS ini sendiri apabila terjadi persoalan, untuk diselesaikan secara musyawarah," jelasnya.

Berita Lainnya

Index