Kasus Meningkatkan, Walikota Firdaus Akui Masyarakat Pekanbaru Lalai Prokes Covid-19

Kasus Meningkatkan, Walikota Firdaus Akui Masyarakat Pekanbaru Lalai Prokes Covid-19
Walikota Pekanbaru, Firdaus.

PEKANBARU - Pekanbaru adalah kota yang sangat rawan terjadinya penyebaran. Hal ini dikarenakan Pekanbaru merupakan pintu masuk ke Provinsi Riau.

"Jumlah penduduknya juga tinggi. Kalau terjadi arus mudik, Pekanbaru mestilah yang pertama terdampak penyebaran virus corona," kata Walikota Pekanbaru Firdaus.

Pemko Pekanbaru mendukung kebijakan pusat melarang mudik. Kepada warga Pekanbaru yang berencana pulang ke kampung halaman agar menunda demi keselamatan diri dan keluarga. 

"Di beberapa daerah di Indonesia, tren penyebaran corona naik, jumlah terpapar naik, dan jumlah kematian naik. Tentunya ini menjadi perhatian kita semua," ucap Firdaus. 

Pada awal 2021, tren penyebaran virus corona cepat turun. Penyebaran virus corona per kelurahan pada pekan ke-13 turun drastis. 

"Tersisa 8 dari 83 kelurahan. Tapi pada pekan ke-15, sebaran virus corona naik menjadi 33 kelurahan," sebut Firdaus. 

Lonjakan ini terjadi karena adanya kelompok-kelompok masyarakat yang menggelar pesta pernikahan. Resepsi pernikahan memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap penyebaran virus Corona. 

"Karena mereka tak disipilin menerapkan protokol kesehatan. Kemudian, banyak juga masjid yang tak disipilin menerapkan protokol kesehatan," jelas Firdaus. 

Berita Lainnya

Index