Kesbangpol Ingatkan Ormas Hati-hati Gelar Acara Gandeng Caleg

Kesbangpol Ingatkan Ormas Hati-hati Gelar Acara Gandeng Caleg
Kepala Kesbangpol Pekanbaru, M Yusuf

PEKANBARU (CELOTEHRIAU.COM) - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pekanbaru mengimbau kepada seluruh Organisasi Masyarakat (Ormas) yang ada di Kota Pekanbaru untuk berhati-hati menggelar kegiatan atau perhelatan suatu acara yang menggandeng salah satu Calon Legislatif yang maju dalam Pileg 2019.

"Yang pertama, koordinasikan dulu sama KPU. Karena ini rawan, apalagi tahapan kampanye kan belum dimulai, ada aturan mainnya di KPU tentang kegiatan caleg dan ini harus dipahami juga jika ada ormas yang membuat suatu acara yang menggandeng salah satu caleg," kata Kepala Kesbangpol Kota Pekanbaru, M Yusuf, Rabu (20/2/2019).

Ditambahkan M Yusuf, organisasi masyarakat sah-sah saja membuat suatu acara yang tujuannya tidak mengajak peserta dalam acara tersebut untuk mencoblos caleg yang digandeng. Seperti mengundang, atau sekedar menjadi tamu khusus, menurutnya ini masih dibawah batas kewajaran selagi tidak ada unsur politik di dalamnya.

"Satu lagi, ormas yang buat acara itu legal atau tidak, terdaftar di kita (kesbangpol, red) atau tidak. Tapi supaya untuk lebih aman, lebih konsultasi dan koordinasikan dulu ke KPU," pungkasnya. 

Berita Lainnya

Index