Tak Miliki Biaya Berobat, Orang Tua di Pelalawan Tega Asingkan Anaknya di Kandang Kambing

Jumat, 30 April 2021 - 19:44:54 WIB Cetak

PELALAWAN- Pasangan suami istri di Simpang Kualo, Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan tega mengasingkan anaknya, tinggal sendirian, di kandang Kambing. Pemicunya, lantaran tidak memiliki biaya untuk mengobati anaknya, yang sedang sakit.

Hal tersebut menyusul, pegiat sosial Dedi Azwandi dari Rumah Relawan Duafa Kabupaten Pelalawan, mendapat informasi dari masyarakat, adanya seorang anak berjenis kelamin perempuan, diasingkan oleh orang tuanya, tinggal di kandang Kambing, Jumat (30/4/2021).

Rumah Relawan Duafa Kabupaten Pelalawan, yang baru saja mendapatkan bantuan mobil ambulan dari anggota DPD-RI, Intsiawati Ayus, langsung bergegas kelokasi, anak diasingkan.

Lokasi, tempat diasingkannya, berada didalam kandang Kambing. Jaraknya, dari rumah kurang lebih 10 meter. Di lokasi, terlihat anak ini diketahui bernama Ela (25) terbaring lemas.

Dedi Azwandi, mencoba menghampiri seraya mengajak berkomunikasi. Melihat kondisi yang tidak wajar, ia pun dilarikan ke RSUD Selasih Pangkalan Kerinci, untuk dirawat.

"Sebetulnya, sehari kemarin kita sudah dapat laporan dari masyarakat. Terus kita jajaki, begitu pasti, kita gandeng dinas sosial bergerak kelokasi. Dilokasi kita temukan beliau sangat memprihatinkan, ia tinggal dalam kandang Kambing yang memang tidak layak," terang Dedi Azwandi seraya mengatakan anak ini sudah 10 hari diasingkan.

Saat dijumpai dilokasi, kata Dedi Azwandi kondisinya, tidak bisa berdiri. Makanya, langsung dilakukan tindakan dilarikan ke RSUD Selasih Pangkalan Kerinci untuk mendapatkan pengobatan.

Alasan orang tua, mengasingkan anaknya di Kandang Kambing tersebut papar Dedi Azwandi, lantaran memang kondisi sakit dan tidak memiliki biaya untuk berobat. " Jadi dulu memang anak ini liar, terus sakit, akan tetapi orang tua tak memiliki biaya berobat, makanya diasingkan di kandang Kambing. Faktor keluarga juga ada dan faktor ekonomi," tukasnya.

Namun demikan, Dinas Sosial (Dinsos) sebut Dedi Azwandi sudah membuat surat pernyataan yang isinya, tidak boleh lagi mengasingkan anaknya, di kandang Kambing," tandasnya.***(bri)



Tulis Komentar +
Berita Terkait+