Usai Menghadiri Acara, Ayat Cahyadi Tunaikan Bayar Zakat ke Lazismu

Usai Menghadiri Acara, Ayat Cahyadi Tunaikan Bayar Zakat ke Lazismu
Wawako Pekanbaru Ayat Cahyadi saat membayarkan zakat

PEKANBARU - Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi ditengah kesibukannya, menyempatkan diri untuk menyalurkan langsung zakat mal atau zakat harta kepada amil zakat dari Lazismu Pekanbaru, Rabu (5/5/2021).

Ia menyalurkan zakat setelah menghadiri, Gerakan Teladan Berzakat Pimpinan Muhammadiyah seluruh Kota Pekanbaru.

Zakat tersebut diterima langsung oleh Ketua Lazismu Pekanbaru, Dede Firmansyah. Ayat juga tampak berdoa usai membayarkan zakat mal.

"Kegiatan ini positif sekali, kita berharap kegiatan ini bisa mengajak masyarakat optimalkan pembayaran zakat," terang Ayat usai kegiatan.

Menurutnya, membayar zakat merupakan satu kewajiban. Ia menyebut bahwa membayar zakat merupakan satu dari lima rukun Islam.

"Maka kalau hartanya sudah mencapai batasan minimal membayar zakat, maka segera bayarkan zakat mal," jelasnya.

Ayat juga mengajak masyarakat agar banyak berdoa di bulan Ramadan. Apalagi di malam malam terakhir Ramadan yang terdapat malam Lailatul Qadar.

"Bayarkan juga zakat fitrah sebelum Idul Fitri, segera bayarkan agar bisa disalurkan ke masyarakat kurang mampu," imbuhnya.

Ketua Lazismu Pekanbaru, Dede Firmansyah menyebut bahwa gerakan ini adalah komitmen Muhammadiyah Pekanbaru untuk membayarkan zakat. Ia menyebut gerakan ini dimulai dari pimpinan nantinya hingga ke seluruh keluarga besar Muhammadiyah.

"Jadi mulai dari pimpinan nantinya bakal menyalurkan zakat lewat amil zakat," paparnya.

Mereka menyalurkan zakat lewat lembaga amil zakat, Lazismu Pekanbaru. Nantinya zakat bakal disalurkan kepada para mustahik atau para penerima zakat. 

Keluarga besar Muhammadiyah menyalurkan zakat lewat Lazismu. Mereka menyalurkan zakat fitrah dan zakat mal.

"Kita juga membuka gerai di pusat keramaian, agar bisa mempermudah masyarakat membayarkan zakat," terangnya.

Gerakan ini untuk membantu masyarakat kurang mampu. Ia menyebut kegiatan ini juga memastikan zakat anntinya tepat sasaran dan mengoptimalkan potensi zakat untuk umat.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Pekanbaru, Syafrizal Syukur berharap zakat ini menjadi jembatan antara masyarakat yang mampu dan dhuafa. Zakat ini bisa menjadi upaya menanggulangi pandemi ekonomi yang berlangsung saat ini.

"Kita berharap nantinya zakat bisa disalurkan lewat amil zakat, sehingga bisa tepat sasaran," pungkasnya. 

Berita Lainnya

Index