Bus Vaksinasi Keliling Covid-19 Melayani Masyarakat Hingga ke Lingkungan RT dan RW

Bus Vaksinasi Keliling Covid-19 Melayani Masyarakat Hingga ke Lingkungan RT dan RW
Walikota Pekanbaru, Firdaus saat meninjau vaksinasi keliling.

PEKANBARU - Walikota Pekanbaru, Firdaus mengklaim bahwa masyarakat sangat antusias mengakses layanan vaksinasi di bus vaksin covid-19 keliling. Satu unit bus vaksinasi keliling rata -rata bisa melayani sekitar 100 hingga 150 orang dalam sehari.

"Ada beberapa bus bisa melayani 200 orang yang disuntik vaksin dalam sehari," ujar Wali Kota Pekanbaru, Firdaus usai meninjau bus vaksinasi keliling di halaman The Central Plaza.

Ia menyebut bahwa bus ini vaksinasi keliling melayani masyarakat hingga lingkup RT dan RW.

"Maka sekali lagi pusat kontrol kita di RT hingga RW, jadi didata juga masyarakat yang sudah vaksin dan yang belum bisa terlihat," jelasnya.

Firdaus menambahkan bahwa data tersebut menjadi dasar pendataan vaksin bagi masyarakat. Pemerintah kota juga menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk langkah percepatan vaksinasi.

"Kita gelar vaksinasi massal, bekerjasama dengan pemerintah provinsi, MUI dan sejumlah paguyuban," ujarnya.

Operasional bus vaksin keliling ini dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru bersama tim medis dari RSD Madani. Ia menilai keberadaannya membantu percepatan vaksinasi covid-19.

Sementara itu, Kordinator Bus Vaksinasi Keliling Kota Pekanbaru Khairunnas membernarkan jika bus vaksinasi keliling yang disediakan sangat membantu masyarakat Pekanbaru yang belum menerima vaksin.

"Antusias masyarakat untuk datang ke bus vaksinasi keliling cukup bagus," kata Khairunnas.

Masyarakat yang ingin mendapatkan vaksin hanya membawa kartu identitas diri, seperti KTP. Vaksinasi ini gratis, tidak dipungut biaya.

"Masyarakat bisa datang ke layanan bus vaksin keliling. Kita beroperasi di sejumlah titik setiap hari," jelasnya.

Di dalam bus, ada tim medis dari Rumah Sakit Daerah Madani Pekanbaru yang siaga. Stok vaksin sendiri, menurutnya cukup untuk diberikan kepada masyarakat.

"Kita membuka layanan di lima titik setiap hari. Layanan buka dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB," jelasnya.

Berita Lainnya

Index