Hasil Copa del Rey: Bungkam Madrid 3-0, Barcelona ke Final

Hasil Copa del Rey: Bungkam Madrid 3-0, Barcelona ke Final

PEKANBARU(CELOTEHRIAU.COM) - Barcelona merebut tiket final Copa del Rey usai memenangi El Clasico kontra Real Madrid. Di Santiago Bernabeu, Blaugranamenang telak 3-0.

Bertandang ke Santiago Bernabeu, Kamis (28/2/2019) dinihari WIB, Barcelona sebenarnya dalam posisi tidak diuntungkan. Madrid punya gol tandang menyusul hasil imbang 1-1 pada leg pertama di Camp Nou.

Laga berjalan keras sejak selepas kick-off. Barcelona sedikit lebih dominan di babak pertama, tapi Madrid berbahaya dari serangan balik. Periode ini berakhir tanpa gol.

Madrid sebenarnya menciptakan sejumlah peluang bagus di babak pertama, tapi gagal memaksimalkannya. Barcelona yang lebih efisien pun menghukum mereka.

Luis Suarez membawa Barcelona memimpin di menit ke-50, lalu gol bunuh diri Raphael Varane pada menit ke-69 semakin memukul Madrid. Pelanggaran Casemiro di menit ke-73 berujung penalti, dan berbuah gol ketiga Barcelona dari kaki Suarez.

Keunggulan tersebut dipertahankan Barcelona sampai laga usai, memastikan mereka ke final dengan agregat 4-1. Di final, Barcelona akan menghadapi pemenang antara Valencia kontra Real Betis.

Jalannya Pertandingan

Barcelona berupaya menguasai pertandingan selepas kick-off. Peluang baru tercipta di menit ke-8, ketika Ousmane Dembele merangsek di kiri dan melepaskan umpan silang ke Luis Suarez di tiang jauh.

Suarez lalu memantulkannya ke Sergi Roberto di tengah, tapi bola dipotong dan disapu oleh bek Madrid.

Madrid merespons di menit ke-18 ketika Vinicius Junior mendapatkan ruang di dalam kotak penalti. Sepakannya melambung.

Agresivitas Madrid berujung peluang lain di menit ke-23. Jordi Alba gagal menyapu bola dengan bersih dan disambar Vinicius, namun Marc-Andre ter Stegen masih sigap menghalau. Pertahanan Barcelona menghalau bola sebelum peluang lain disambar Lucas Vazquez.

Tembakan Rakitic di menit ke-21 diblok Casemiro. Sementara umpan silang Dembele tak lama berselang tak ada yang menyambar.

Madrid membuang dua peluang bagus di menit ke-37. Vinicius menerima umpan terobosan dan tinggal menghadapi Ter Stegen, hanya saja sepakannya diblok Clement Lenglet yang datang di saat terakhir.

Bola sempat dikuasai kembali oleh Vinicius dan dioper ke Benzema. Kali ini sepakan Benzema digagalkan oleh Ter Stegen dengan kaki.

Peluang lain untuk Vinicius semenit berselang. Sepakannya di tengah kotak penalti meneruskan sebuah umpan silang dari Sergio Reguilon melesat tipis saja ke atas gawang.

Sebuah serangan balik potensial dari Barcelona di menit ke-42, yang dipimpin Messi dan Suarez, dihentikan dengan tekel-tekel oleh Madrid. Sampai babak pertama berakhir, tak ada gol tercipta.

Dua menit babak kedua berjalan, Madrid mendapatkan kesempatan dari tendangan bebas. Umpan lambung Toni Kroos ditanduk Benzema dan melesat tipis saja di atas gawang Barcelona. Belakangan wasit meniup peluit karena Benzema lebih dulu melanggar Sergio Busquets.

Barcelona memimpin di menit ke-50. Dembele lolos dari penjagaan di kiri dan melepaskan umpan tarik. Bola disambar Suarez di kesempatan pertama untuk menaklukkan Keylor Navas.

Percobaan Toni Kroos dari luar kotak penalti pada menit ke-53 belum menemui sasaran. Bola melayang jauh ke atas gawang.

Madrid punya kans lain di menit ke-54 dari tendangan bebas. Umpan lambung Kroos mengarah ke tengah kotak penalti dan Casemiro memenangi duel udara. Sundulannya masih melebar.

Madrid meminta penalti saat Vazque terjatuh di bawah tekanan dua bek Barcelona, kala berupaya menyambar umpan Reguilon. Tapi wasit tak menggubris.

Nyaris Madrid! Reguilon dalam posisi bebas menyambar umpan silang dari Vinicius dengan sundulan pada menit ke-62. Tapi Ter Stegen menepis bola dengan gemilang.

Madrid membuang dua peluang bagus lainnya tak lama berselang. Sepakan keras Dani Carvajal dihentikan Ter Stegen, lalu sontekan Vinicius dibelokkan ke luar lapangan.

Membuang-buang peluang, Madrid pada prosesnya malah kembali kebobolan. Dari serangan balik, Dembele melepaskan umpan silang dari sisi kanan ke Suarez di tengah. Raphael Varane mencoba memotong, namun justru membuat bola bergulir masuk ke gawang.

Petaka untuk Madrid, ketika Casemiro melanggar Suarez di kotak penalti pada menit ke-71. Suarez maju sebagai eksekutor dan menaklukkan Navas dengan tembakan panenka.

Keunggulan 3-0 membuat Barcelona nyaman mengontrol laga. Sementara Madrid kehilangan agresivitas setelah gol penalti Suarez.

Sampai laga selesai, tak ada peluang berarti lainnya ataupun gol tercipta. Barcelona pun lolos dengan agregat 4-1.

Susunan pemain:

Real Madrid: Keylor Navas; Daniel Carvajal, Sergio Ramos (c), Raphael Varane, Sergio Reguilon; Toni Kroos, Casemiro (Federico Valverde 75'), Luka Modric; Lucas Vazquez (Gareth Bale 68'), Karim Benzema, Vinicius Junior (Marco Asensio 81')

Barcelona: Marc-Andre ter Stegen; Nelson Semedo, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Sergi Roberto, Sergio Busquets (Arthur 86'), Ivan Rakitic; Lionel Messi (c), Luis Suarez (Arturo Vidal 78'), Ousmane Dembele (Philippe Coutinho 75')

Berita Lainnya

Index