Masyarakat Pekanbaru Mulai Keluhkan Penyekatan di Jalan-jalan Kecil saat PPKM Level 4

Rabu, 28 Juli 2021 - 10:34:10 WIB Cetak

PEKANBARU – Upaya Pemerintah untuk menekan penyebaran virus corona dalam penerapan PPKM Level 4 di Kota Pekanbaru memang harus didukung. Namun, penerapan PPKM Level 4 dengan melakukan penyekatan jalan di Kota Pekanbaru justru malah menimbulkan kerumunan di beberapa titik.

Arif Hidayat salah satu warga Pekanbaru bahkan harus beradu argumen dengan petugas yang berjaga di lokasi terlebih dahulu saat hendak menuju ke Kantor PMI di Jalan Diponegoro.

“Saya mau Kantor PMI harus mutar-mutar dulu. Saat hendak masuk ke samping jalan rumah dinas gubernuran, harus izin dulu dengan petugas. Bapak saya sedang butuh darah di RS, masa saya harus beradu argumen dulu baru diizinkan ke PMI,” katanya.

Arif menambahkan, penyekatan jalan-jalan kecil harus dievaluasi. Apalagi, ruas jalan di Kota Pekanbaru sudah pasti menjadi jalan alternatif saat pemerintah memberlakukan penyekatan hingga 2 Agustus mendatang.

“Penyekatan di Jalan-jalan kecil di pagi hari sangat menyusahkan banyak orang. Ini bukan memberikan solusi, tapi malah menimbulkan penumpukan kendaraan dan orang hingga macet,” ketusnya.

“Orang keluar pagi kan pergi bekerja. Bukan nongkrong. Penyekatan di Jalan-jalan kecil ini harus dievaluasi, apakah efektif atau malah sebaliknya,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu driver ojek online bernama Supirman juga merasakan hal yang sama. Ia mengaku kesal dengan banyaknya penyekatan baik di Jalan Diponegoro, Jalan Pattimura, Jalan Gajah Mada, Jalan Hangtuah.

“Saya mau antarkan pesanan tapi malah semua jalan masuk disekat dan disuruh mutar-mutar. Sementara klien minta pesanan diatarkan cepat. Ini sangat tidak efektif dan merepotkan kami,” katanya.

Sebelumnya, Satlantas Polresta Pekanbaru melakukan penyekatan arus jalan di beberapa titik Kota Pekanbaru dalam rangka Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, Selasa (27/7/2021).

Titik arus lalu lintas yang dilakukan penyekatan yaitu di Jalan Pattimura, Jalan Diponegoro, Jalan Sumatera, Jalan Gajah Mada, serta jalan-jalan yang menuju ke Jalan Sudirman.

Pengendara kendaraan roda dua maupun roda empat yang hendak melintas di arus jalan yang dilakukan penyekatan tersebut, dialihkan oleh petugas yang sedang berjaga untuk mencari jalan lain.

Kasatlantas Polresta Pekanbaru AKP Angga Wahyu Prihantoro mengatakan, saat ini penyekatan masih berjalan sebagai upaya untuk melakukan pembatasan mobilitas masyarakat.

"Penyekatan ini sudah dimulai dari pukul 06.30 WIB hingga 12.00 WIB. Mengingat Kota Pekanbaru dalam rangka PPKM Level 4, ini upaya kami untuk membatasi kegiatan masyarakat karena masih tingginya angka Covid-19 di Pekanbaru," ujar Angga.

Selain itu, Angga juga menghimbau kepada masyarakat yang tidak berkepentingan agar jangan keluar rumah dan berkeluyuran.

"Masyarakat yang tidak berkepentingan agar tetap di rumah saja, taati protokol kesehatan dan aturan yang sudah dibuat oleh pemerintah. Angka Covid-19 Pekanbaru kita masih tinggi dan Pekanbaru juga sedang menerapkan PPKM Level 4," pungkasnya.



Tulis Komentar +
Berita Terkait+