Harga Kelapa Sawit Turun Lagi

Harga Kelapa Sawit Turun Lagi
Ilustrasi sawit

 

Pekanbaru--Harga tandan buah segar kelapa sawit periode 6 - 12 Maret di tahun 2019 mengalami penurunan pada setiap kelompok umur.  Jumlah penurunan terbesar dialami oleh kelompok umur 10 - 20 tahun sebesar Rp 91,89/Kg atau mencapai 5,88 % dari harga minggu lalu, sehingga harga TBS periode saat ini menjadi Rp 1.470,19/Kg. 

Kepala dinas tanaman pangan hortikultura dan perkebunan Riau, Ferry Hc mengatakan, penurunan harga TBS ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal.
Faktor internal, penurunan harga TBS pekebun periode ini disebabkan oleh turunnya harga jual CPO dan kernel dari seluruh perusahaan sumber data. 

Untuk harga jual CPO, PTPN V mengalami penurunan sebesar Rp 360,00/Kg, Sinarmas Group mengalami penurunan harga sebesar Rp 337,15/Kg, Asian Agri Group mengalami penurunan harga sebesar Rp 287,16/Kg, dan PT. Citra Riau Sarana mengalami penurunan sebesar Rp 250,00/Kg dari harga minggu lalu," katanya. 

Sedangkan untuk harga jual kernel, Astra Agro Lestari Group mengalami penurunan harga sebesar Rp 208,18/Kg, dan PT. Citra Riau Sarana mengalami penurunan sebesar Rp 229,00/kg dari harga minggu lalu. Untuk faktor eksternal penurunan harga TBS dipengaruhi oleh adanya kenaikan produksi domestik minyak masak di India, hal mengakibatkan berkurangnya ketergantungan India terhadap minyak impor. 

"Padahal India merupakan salah satu pengimpor CPO terbesar. Berdasarkan keterangan dari Direktur Eksekutif Solvent Extractors Association of India yang dilansir dari Reuters, produksi rapeseed akan menyentuh rekor 8 juta ton pada tahun ini. Akibatnya, ketersediaan minyak rapeseed domestik India akan meningkat lebih dari 1,5 juta ton yang akan menyerap lebih banyak permintaan dari dalam negeri," ujarnya. 

Berita Lainnya

Index