Pentingnya Dukungan Pemerintah Dalam Memulihkan UMKM Karena Dampak Covid-19

Jumat, 10 Juli 2020 - 16:25:00 WIB Cetak

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam perekonomian nasional memiliki peran: sebagai pemeran utama dalam kegiatan ekonomi, penyedia lapangan kerja terbesar, pemain penting dalam pengembangan perekonomian lokal dan pemberdayaan masyarakat, pencipta pasar baru dan sumber inovasi, serta berkontribusi terhadap neraca pembayaran.

Pandemi Covid 19 memberikan implikasi ekonomi, sosial, dan politik hampir di seluruh negara, termasuk di Indonesia. Dampak ekonomi akibat pandemi Covid 19 juga dirasakan sektor UMKM yang ada di Kota Pekanbaru. Adapun dampak yang ditimbulkan oleh adanya pandemi ini yakni Rata-rata penurunan penjualan UMKM, Pendapatan laba usaha, dalam segi permodalan, jumlah karyawan dan kemampuan UMKM dalam melakukan pembayaran angsuran pada pihak bank.

Hendaknya Pemerintah Kota Pekanbaru menyediakan tempat pusat pemasaran produk UMKM (sejenis pusat pasar oleh-oleh). Nantinya tempat tersebut akan dijadikan tempat promosi sekaligus tempat penjualan produk UMKM. Pelaku UMKM harus meningkatkan jiwa wirausaha, melakukan legalisasi usaha, dan terpenting hendaknya merubah cara berpikir sehingga lebih siap bertransformasi menuju pemasaran dengan sistem digital.

 

Bagi Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM, hendaknya melakukan kegiatan pelatihan dan pendampingan yang mendukung pemasaran berbasis online (digital marketing). Kegiatan tersebut hendaknya dilakukan secara berjenjang dan berkelanjutan untuk memastikan pelaku UMKM memiliki kemampuan dalam beradaptasi dengan perkembangan pasar. Kegiatan ini penting dilakukan untuk memompa dan merawat semangat pelaku UMKM serta siap menghadapi segala tantangan yang ada.

Penulis : Khairiyatinnupus (1216.19.2239) Mahasiswa Prodi Ekonomi Ekonomi Syariah STAI Diniyah Pekanbaru



Tulis Komentar +
Berita Terkait+