Camat Kampar Kiri Apresiasi Kebun Agrowisata Kuntu

Camat Kampar Kiri Apresiasi Kebun Agrowisata Kuntu

LIPATKAIN - Camat Kampar Kiri, H Marjanis SE mengapresiasi langkah Pemerintah Desa Kuntu untuk membangun kebun agrowisata. Hal ini disampaikannya disela-sela penanaman bibit di Kebun Agrowisata, Dusun Binaan, Desa Kuntu, Kecamatan Kampar Kiri, Senin (25/10/2021) pagi.

Menurut Marjanis, kedepannya hasil kebun yang berada di Dusun Binaan, Desa Kuntu tersebut bisa menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Desa (PADes). Sehingga salah satu desa di Kampar Kiri tersbeut bisa menjadi desa mandiri.

"Ini suatu terobosan dan inovasi untuk desa. Dan ini merupakan yang pertama di Kecamatan Kampar Kiri. Hari ini kita menanam tentu 3-4 tahun kedepan kita mulai memetik hasilnya mungkin diawal menggunakan Dana Desa. Tentunya kedepan bisa menjadi sumber PADes," ujar Marjanis.

Ia juga mengingatkan agar Pemerintah Desa Kuntu memperhatikan perawatan dan pemupukan bibit yang telah ditanam. Sehingga benar-benar bisa menghasilkan dan bisa dinikmati masyarakat setempat beberapa tahun mendatang.

"Kedepan tentunya butuh perawatan dan pemupukan. Ini harus diperhatikan dan berkelanjutan hingga membuahkan hasil, untuk itu dana desa bisa digunakan untuk perawatan. Mengacu pada program kabupaten, melalui dinas terkait seperti Dinas Pertanian, Perkebunan dan Holtikultura tentu bisa kita ajukan proposal," tambahnya.

Sementara itu Kepala Desa Kuntu, Asril didampingi Pengawas Benih Tanaman, UPT Pengawasan Sertifikasi Benih, Dinas Pertanian Provinsi Riau, Syafril SP mengatakan kebun desa dengan luas lebih dari 2 Ha hektar tersebut bakal ditanam sebanyak 4 macam bibit tanaman.

"Diantaranya bibit durian berbagai varietas seperti bibit Durian Omeh Kampar yang sempat menjadi juara buah nasional. Kemudian bibit musang king, varietas MK Hortimart, durian matahari dan durian lainnya. Sedangkan bibit lainnya yaitu lengkeng okulasi varietas Kateki, kelapa pandan wangi dan jambu madu deli," ungkap Asril.

Berita Lainnya

Index